PIFAF 2017

Selasa, 29 Maret 2016

Kepala Seksi Distribusi BPS Polman, Andi Erni
POLEWALITERKINI.COMBadan Pusat Statistik(BPS) Kabupaten Polman, dalam melakukan pendataan sensus ekonomi 2016 menerjunkan sebanyak 312 tenaga pendata yang akan turun melakukan pendataan disetiap desa-desa.

Mereka bakal turun mendata disetiap Dusun dan RT untuk mencatat semua pelaku usaha yang ada di Kabupaten Polewali Mandar.

Kepala seksi (Kasi) Distribusi BPS Polman. Andi Erni mengatakan, 312 tenaga pendata ini sebelum turun lapangan mereka terlebih dahulu  digembleng dan dilatih, mereka dibimbing tentang pendekatan responden bagaiman cara mendata dan apa-apa saja yang boleh didata.

minggu ini para petugas sensus sudah mulai latihan pendataan yang diadakan di Hotel Lilianto dan mereka dibagi sebanyak tiga gelombang dan berakhir pada tanggal 1 mei 2016, dalam melakukan pelatihan para petugas ini diajarkan bagaimana cara mendata dan mendekati Responden, ungkapnya. Selasa (29/03/2016) daat ditemui diruangannya.

"Pendataan ini mengenai seluruh sektor usaha secara menyeluruh akan mampu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur sektor ekonomi dan non pertanian selain itu melalui pendataan ini akan mampu diketahui daya saing bisnis di Indonesi serta penyediaan kebutuhan informasi dan usaha,"ujar Andi Erni.

Kali ini pendataan hanya berhubungan  dengan usaha-usaha yang dimiliki masyarakat, dan pendataan ini kemungkinan lebih banyak di kecamatan polewali, alasannya di wilayah itu tempat para pengusaha.

Mereka juga turun mendata selama satu Bulan, dimulai Bulan Mei tanggal 1 sampai dengan 31 mei 2016 dan semua tergantung dari wilayah yang banyak pengusahannya karna tidak mutlak satu desa dua tenaga pendatanya tergantung jenis usaha yang ada diwilayah itu, terang Andi Erni.


Laporan  :  Erwin Setiawan

Editor      :  Sukriwandi

PolewaliTerkini.Net