PIFAF 2017

Selasa, 22 Maret 2016

Harga Cabai di Pasar Senteral Polman Berangsur Turun
POLEWALITERKINI.COM - Harga cabe di pasar senteral Pekkabata, Polewali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Kini berangsur  turun dari minggu kedua hingga ketiga dibulan maret 2016.

Pantau polewaliterkini.com, selasa 22 Maret 2016, di pasar tradisional, Pekkabata, harga cabe besar turun dari harga Rp 50 ribu/kg, menjadi Rp 40 ribu /kg, bahkan jika ditawar masih turun menjadi Rp 38 ribu/kg.

Harga cabe keriting juga mengalami penurunan dari harga Rp 50/kg turun menjadi Rp 40 ribu/kg, sedangkan harga tomat masih relatif berkisar Rp 7 ribu sampai dengan Rp 8 ribu/kg.

Penurunan ini diduga, daerah penghasil cabe sudah mulai panen raya, meskipun beberapa minggu yang lalu sempat harga cabe merah dan kriting tembus keangka Rp 50/kg.

Curah hujan tinggi juga bisa menjadi pemicu harga cabai bergerak naik, karena bisa membusuk dan tak terjual. ujar salah satu pedagang di pasar asal pappandangan saat ditemui dipasar. Sumiati.

"Turunnya harga sembako ini termasuk cabe merah dan kriting disebabkan sudah banyak yang panen dan stoknya selalu tersedia, saya sendiri mengambil barang dari Kabupaten Enrekang Sulsel  dan stok barang saya masih banyak.katanya.

Sementara itu. Maulana, pemilik warung Segar yang menyediakan hidangan Nasi Campur di Pasar Pekkabata mengatakan, meskipun harga cabai dan tomat sudah mulai turun, namun dia masih sangat berat dengan harga baru ini.

"pengunjung datang makan satu-satu orang sedangkan bumbu yang digunakan banyak di cabe yakni 1 kg cabe kecil dan 1kg cabe merah. Masih sangat terasa mahal kalau bisa diturunkan lagi lah harganya."keluhnya

Sementara daftar harga yang diterima dari Disperindag Kabupaten Polman, hingga minggu ketiga bulan maret belum ada perubahan harga, kita tunggu hasil diminggu keempat siapa tau ada perubahan harga lagi. ungkap Faisal kato.


Laporan  :  Erwin Setiawan


Editor      :  Sukriwandi