PIFAF 2017

Jumat, 25 Maret 2016

Lurah Manding, Tanawali, Sip. Msi
Tampak Pemuda Lingkungan Binangaliu Tergabung
Dalam KSM Sebagai Pelaksana Proyek  
Sesuai Juknis, Dana Miliaran ini Dikelolah Langsung
Masyarakat Termasuk Perencanaan
Papan Proyek Program Yang di Kelolah Langsung Masyarakat
POLEWALITERKINI.COM - Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PL-PBK), lanjutan yang dilaksanakan di Lingkungan Binangaliu, Kelurahan Manding, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, telah memasuki tahap penyelesaian akhir.
Langkaj itu, merupakan sebuah prestasi baik bagi segenap stake holder yang terlibat di dalamnya, terutama bagi aparat Pemerintah Kelurahan setempat yang menjadi partner sekaligus pengawas jalannya program ini.
”ini merupakan sebuah kesyukuran bagi kami terutama warga masyarakat Manding setelah kali kedua kami mendapatkan hal yang sama yang juga merupakan cikal bakal pembangunan daerah agar terus maju dan berkembang seiring dengan capaian dan tujuan pemerintah daerah," ujar Lurah Manding, Tanawali, Sip. Msi saat ditemui dilokasi program.
Program ini menelan biaya Rp. 1 (satu) miliar yang bersumber dari bantuan Bank Dunia yang bertujuan untuk pemenuhan air bersih, mengentaskan kekumuhan, mengatasi problem sanitasi yang biasa juga dikenal dengan program 100-0-100.
Anggaran program ini lanjut dia, dibagi menjadi 6 (enam ) item kegiatan yang dimana perkegiatan di tangani oleh 1 (satu) unit KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) yang di bentuk awal oleh masyarakat setempat, November 2015 lalu.
”Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menjawab kepercayaan warga masyarakat melalui pemilihan diawal November yang lalu, sampai sekarang alhamdulillah pengerjaan program hampir memasuki tahap akhir penyelesaian yang dimana tenggat waktu yang diberikan yakni, akhir Maret ini."Katanya.
Dalam proses pengerjaan, warga masyarakat banyak membantu dalam mengawal kegiatan ini, semoga ini adalah awal peningkatan kualitas sumber daya dan kesadaran warga masyarakat khususnya di lingkungan Binangaliu, Kelurahan Manding, Kecamatan Polewali.
Ismail Cio selaku anggota KSM mengatakan, hasil pembangunan program ini diperuntukkan bagi seluruh warga yang akan menikmati manfaat dari pembangunan berupa, Rabat Beton sepanjang 493 M, Drainase sepanjang 714 M, Drainase sepanjang 465 M, Paving Blok 200,5 M, Pembangunan Plat decker 7 unit, serta Bank sampah (TPST).
”Semoga melalui pembangunan ini warga manding khususnya Binangaliu semakin kompak membangun lingkungan secara bersama-sama, ini juga merupakan kerjasama yang baik antara aparat Pemerintah Kelurahan dan warga masyarakat.
Selain itu, P2KP Perkotaan, serta KSM yang terbentuk adalah tim terpadu sebagai satu keutuhan program sehingga menghasilkan kualitas pembangunan yang berdaya guna dan tepat waktu, imbuh kepala lingkungan ketika ditemui di lokasi program.

Laporan  :  Erwin Setiawan
Editor       :  Sukriwandi

PolewaliTerkini.Net