PIFAF 2017

Rabu, 20 April 2016


Kasat Reskrim Memberikan Keterangan Pers
Gelar Pasukan di Mapolres Polman
Kasat Reskrim Berdialog Dengan Ketua Adat
Arena Sabung Ayam di Hancurkan
POLEWALITERKINI.COM - Pihak Kepolisian Resort Polewali Mandar, Sulawesi Barat, berkekutan 100 personil gabungan membubarkan dan membongkar arena sabung ayam milik masyarakat lingkungan II Limboro, Desa Ongko, Kecamatan Campalagian. Kamis (20/04/2015).

Sekira 100 personil gabungan Kepolisian di Pimpin, Kasat Reskrim dan Kasat IPP Polres Polman, melaksanakan gelar pasukan di Mapolres sekira jam 14.30 wita. Personil Polri ini langsung bergerak menuju Desa Ongko dengan mengendarai 6 roda 4.

Sekira pukul 15.30 wita, pihak Kepolisian langsung memasuki arena sabung ayam yang diduga dibuat oleh masyarakat dalam rangkaian kegiatan pesta adat "BUTTU AOR" kuburan Mara'dia Tinunungan di Dusun II Limboro, Desa Ongko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polman.

Meski pihak Kepolisian Resort Polewali Mandar, tak menemukan lagi masyarakat adat yang beradu ayam, namun arena masih terlihat rapi dan masih banyak darah ayam dan alat ketangkasan lain didapati petugas di TKP.

Sebelum polisi menghancurkan arena sabung ayam, petugas Kepolisian melalui Kasat Reskrim Polres Polman. AKP Jeifson Sitorus, S.H memanggil Ketua adat dan Kepala Lingkungan untuk menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan dilarang Negara.

Sekira 1 jam petugas berdialog dengan pihak Adat, akhirnya mereka bersedia membongkar secara sukarela arena sabung ayam dan lainnya. Sebelumnya adat meminta untuk diberikan kesempatan melanjutkan hingga jumat untuk mencukupi 7 hari yang dijadwalkan.

Didepan awak media AKP Jeifson Sitorus, S.H mengatakan, pihak Kepolisian tetap memberikan kelonggaran kepada masyarakat adat untuk melanjutkan kegiatannya hingga jumat ini, namun untuk kegiatan sabung ayam harus dihentikan.

Dalam operasi ini, petugas tidak mengamankan satupun pelaku, tetapi meminta persetujuan dan kesediaan pihak Adat menghentikan seluruh kegiatan sabung ayam terlebih taruhan.


Laporan. :  Sukriwandi