PIFAF 2017

Jumat, 15 April 2016

Ilustrasi
POLEWALITERKINI.COM - Dalam rangka medukung Program Sejuta Rumah Tahun 2016,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan melalui program dukungan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) alokasikan Rp 7 juta per unit bagi pembangunan perumahan bersubsidi yang dilakukan pengembang.
Dengan dukungan program PSU tersebut diharapkan akan meningkatkan kualitas infrastruktur dasar, sehingga perumahan bersubsidi makin diminati masyarakat.
“Kami bantu perumahan umum berupa PSU agar rumah untuk MBR ke depan bisa lebih layak huni,” ujar Kasubdit Bantuan Rumah Umum Kukuh Firmanto mewakili Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan di Tangerang, Maret 2016 Lalu.
Lebih lanjut dijelaskan, ada tiga komponen Bantuan PSU TA 2016 yang akan disalurkan Kementerian PUPR ke perumahan umum tersebut. Ketiga komponen tersebut pertama jalan lingkungan, penerangan jalan umum (PJU) dan ruang terbuka non hijau seperti tempat parkir untuk rumah susun atau lapangan olahraga dan taman bermain untuk rumah tapak.
Kementerian PUPR ke depan akan menambah jumlah target bantuan PSU untuk perumahan. Untuk itu, Direktorat Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan akan terus menjaring usulan baik dari pemerintah daerah maupun para pengembang perumahan bersubsidi agar segera mengusulkan lokasi yang layak untuk mendapatkan bantuan tersebut.
“Target bantuan PSU untuk tahun 2016 adalah sebanyak 42.000 unit rumah. Sedangkan jumlah bantuan PSU per unit rumah sebesar Rp 7 juta. Jadi kami berharap pemerintah daerah dapat segera mengusulkan lokasi perumahan yang memang layak mendapatkan bantuan untuk tahun ini maupun untuk tahun 2017 mendatang dan dapat menggunakan dana bantuan yang ada sesuai dengan komponen yang telah ditetapkan sebelumnya,” terangnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Rapat Koordinasi Bantuan PSU Untuk Perumahan Umum Tahun Anggaran 2016 yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Bantuan Rumah Umum Wilayah I Deny Dwi Susanto menyatakan, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Dinas Teknis yang membidangi urusan perumahan di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota serta para pengembang yang tergabung dalam berbagai asosiasi.
“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyampaikan kebijakan serta peraturan terkait mekanisme bantuan PSU,” terangnya.(*Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan Perumahan/pt/wd)