PIFAF 2017

Rabu, 06 April 2016

Jusuf Jalaluddin
POLEWALITERKINI.COM - Meski Pemerintah Pusat telah menurunkan Harga BBM beberapa hari lalu dan sejumlah daerah telah ikut menurunkan harga termasuk tarif angkutan kota (Angkot), namun di Polewali Mandar tarif angkot tidak mengalmi perubahan dan masih menggunakan tarif lama.

Salah satu sopir angkot jurusan  pekkabata-wonomulyo. Amiruddin mengatakan, kami masih menggunakan tarif angkot yang lama sebab informasi dari organda belum ada.

Selain itu Organisasai Angkutan Darat (Organda) di Polman ini pengurusnya sudah tidak jelas, sehingga sangat sulit memediasi kepentingan pemilik angkutan dan pengguna jasa terlebih kepada pemerintah hingga saat ini belum ada penertiban tarif angkot, kata Amiruddin.

Dia katakan, tarif lama rute Polewali - Wonomulyo itu sebesar Rp 10 ribu, kini masih digunakan penumpang umum, sedangkan untuk anak sekolah bervariasi tergantung jauh dekatnya. Ujar Amiruddin saat ditemui di pasar Senteral Pekkabata, Polewali. Rabu (06/04/2016).

"Mungkin semua sopir disini belum ada yang menurunkan tarifnya karna edaran juga belum ada keluar dari pemerintah dalam hal ini Dinas Perhubungan, jika sudah ada edaran pasti pemelik jasa angkutan (supir) akan turunkan tarif angkot bersamaan BBM diturunkan pemerintah pusat. Katanya.

Terpisah Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Polman. Jusuf Jalaluddin mengatakan, sejauh ini belum terima surat edaran dari pemerintah propinsi, biasanya jika ada perubahan apalagi penurunan Bahan Bakar Minyak (BBM) di pusat selalu ada surat edaran untuk perubahan tarif.

"Susah kita disini karna organda tidak ada, apalagi yang mengurusi angkutan darat itu diurus sama organisasi angkutan darat, biasanya kalau ada perubahan tarif itu kita kordinasinya sama organda, namun kalaupun organda tidak ada kami pasti akan pantau para supir angkot itu." Kata Jusuf Jalaluddin.

Pihak Dishubkominfo Polman saat ini sementar menunggu edaran dari pemerintah propinsi, kemudian dihadapkan kepada Bupati untuk dibuatkan Surat Keputusan (SK) tentang tarif angkot yang baru. Jelas Kadis perhubungan.

Laporan   :  Erwin Setiawan

Editor      :  Sukriwandi

PolewaliTerkini.Net