PIFAF 2017

Minggu, 10 April 2016

Kabid Kominfo Dishubkominfo Polman.
Syabri Syam, S.Pd, MSi
POLEWALITERKINI.COM - Pembangunan 3 "TOWER" milik Telkomsel di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, hingga kini belum clear, belum dikeluarkan Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi.

Demikian disampaikan Kabid Kominfo Dishubkominfo Polman. Syabri Syam, S.Pd, MSi saat ditemui diruangannya baruy ini.

Sabri katakan, berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 dan Perda Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Pengendalian Menara Telekomunikasi, seharusnya pihak PT. Daya Mitra Telekomunikasi (MITRATEL) yang membangun Prasarana Infrastrukture Perluasan Jaringan harus merampungkan syarat administrasinya sebelum membangun.

Kata dia, persetujuan warga adalah syarat mutlak yang diketahu Lurah dan Camat, dimana Radius setinggi menara dari sisi depan, belakang dan kiri kanan Tower yang akan dibangun sepakat berdasarkan bukti tertulis,

Sabri akui, bahwa hingga kini rekomendasi dari Dinas Perhubungan dan Komunikasi informasi (Dishubkominfo) Polman belum keluar, namun pihak penyedia proyek sudah mulai membangun.

"Meski belum ada Rekomendasi, namun syarat-syarat yang diajukan oleh penyedia jasa Telekomunikasi dari Telkomsel itu sudah memenuhi syarat Administrasi, namun belum di Proses karena masih ada 1 yang belum terpenuhi yang diatur dalam ketentuaan Perda Nomor 7 Tahun 2011." Kata Kabid Kominfo Dishubkominfo Polman. Syanri Syam, S.Pd, MSi.

Pihak Dishubkominfo juga sudah melayangkan teguran lisan agar tidak melakukan pembangunan sebelum izinnya rampung, namun teguran itu diabaikan ddan selanjutnya akan melakukan teguran ke 2 secara tertulis.

Sangat jelas aturannya, pihak penyedia jaringan bakal dikenakan sanksi pidana jika tidak mengindahkan teguran yang dilayangkan pemerintah, langkah itu bakal dilakukan melaporkan kepada pihak Kepolisian.

Kabid Kominfo sarankan, dengan pertimbangan tidak persulit penyedia layanan, tetapi kedua pihak baik pemerintah maupun penyedia layanan jasa telekomunikasi menghormati hak dan tanggung jawab, agar bisa berjalan dengan baik dan teratur.

Sementara itu pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) Polman, saat ditemui wartawan mengaku bahwa hingga saat ini pihak pemyedia jasa layanan Telekomunikasi terkait pembangunan Tower belum ada dan pihaknya juga akan turun meninjau secara angsung.

Diketahui berdasarkan data yang dihimpun polewaliterkini.com, ada 3 pembangunan Tower di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, yakni Site DMT Kebumen di Jalan Monginsidi, Lingkungan II, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, kemudian Site DMT Madatte, di Jalan Stadion, Kelurahan Madatte, Kecamatan Polewli dan PLW 069 Kelurahan Darma, Polewali, Polewali Mandar.


Laporan :  Sukriwandi