PIFAF 2017

Selasa, 05 April 2016

Kasi Terminal Penumpang Direktorat Prsarana Perhubungan
Darat Kementerian Perhubungan RI, Deny Kusdyana
Bersama Kadis Dishubkominfo Polman Jusuf Djalaluddin
POLEWALITERKINI.COM - Rencana Pembangunan Terminal Tipalayo menuju keTipe A yang berlokasi di Desa Rea Timur, Dusun Rea Kontar, kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar, Propinsi Sulawesi Barat nampaknya akan dikaji ulang oleh Kementrian Perhubungan.

Kepala Seksi Terminal Penumpang Direktorat Prasarana Perhubungan Darat. Deny Kusdyana mengatakan, merujuk ke UU 23 Tahun 2014 dimana di UU 23 itu ada beberapa kewenangan Kabupaten diambil alih oleh Propinsi sedangkan kewenangan Propinsi bakal diambil alih oleh pusat.

"Kaitan itu, untuk sementara waktu Pembangunan Terminal Tipalayo yang masuk kategori terminal moderen akan kita kaji dan akan kita inventarisir kewenanganya. Ungkap Kepala Seksi  Terminal Penumpang Direktorat Prasarana   Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI. Deni Kusdyana saat ditemui dihalaman Kantor Dishubkominfo Polman. Selasa (05/04/2016).

Menurutnya, posisi sementara Pemerintah Pusat melalui kementerian Perhubungan akan fokus dulu dirujukan UU 23 tahun 2014 tentang kewenangan, apalagi proses pembangunan Terminal Tipalayo menuju terminal Tipe A itu ada dipusat.

"Jadi untuk sementara ini kita dikementerian fokus dulu untuk menginventarisasi apalagi terminal yang merupakan aset daerah ini ketika menjadi terminal Tipe A itu akan menjadi aset pemerintah Pusat, jadi kita konsentrasi dulu dipengalihan aset apalagi ini akan berlaku diseluruh Indonesia setelah itu kita lihat mana kabupaten yang paling layak untuk dibangun. Ujarnya.

Pihak Kementerian Perhubungan akan mengurus terlebih dahulu dan tertibkan tentang kewenangan yang diambil alih oleh pemerintah pusat, apalagi ini diseluruh Indonesia, di Sulbar saja ada dua yakni di Mamuju dan Polewali Mandar. Kata Deny Kusdyana.

"Sengaja kita memilih kabupaten Polman untuk menjadikan terminalnya bertaraf internasonal karna di terminal Tipalayo itu tempatnya di Kabupaten Polman sangat strategis dan merupakan terminal transit disemua Kabupaten di Sulbar."

Dia tambahkan, untuk saat ini Tahun 2016 tidak ada pembangunan terminal baru karna semua akan konsen dulu dipengalihan dari aset daerah keaset Pemerintah Pusat. Kata Deny.

Laporan  :  Erwin Setiawan

Editor      :  Sukriwandi

PolewaliTerkini.Net