PIFAF 2017

Selasa, 19 April 2016

Kemendes
Kemendes
POLEWALITERKINI.COM - Magetan - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan komitmen pemerintah dalam membangun dan memberdayakan desa terus meningkat seiring dengan naiknya dana desa 125 persen pada tahun ini.

"Tahun lalu, pemerintah memberikan dana desa sekitar rp 300 juta masing-masing desa. Tahun ini naik 125 persen menjadi rp 600-800 juta per desa," ujarnya, saat membuka Pagelaran Wayang, di Magetan, Sabtu (16/4), malam.

Pagelaran wayang itu dilaksanakan dalam Rangka Harlah Ke-93 Nahdatul Ulama. Pada acara ini juga dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Abdul Halim Iskandar dan Bupati Magetan Sumantri.

Saat berpidato, Marwan mengatakan kenaikan jumlah dana desa merupakan bukti komitmen Presiden Joko Widodo dalam membangun Indonesia dari desa-desa sesuai dengan nawa citanya.

"Presiden Jokowi berkomitmen penuh untuk menjadikan desa sebagai salah satu program utama," katanya.

Dana desa juga melahirkan gairah membangun di pedesaan dan respon masyarakat pun positif. "Penyerapan dana desa memuaskan, mencapai 97,3 persen," ujar Marwan.

Mendes juga mengapresiasi Pemkab dan seluruh kepala desa Magetan dalam menyukseskan program dana desa. Ia mengingatkan dana desa tahun ini harus diprioritaskan pada tiga hal, antara lain: infrastruktur, sarana dan prasarana, serta pengembangan ekonomi desa.

"Prioritas pertama membangun infrastruktur desa seperti jalan, irigasi, gorong-gorong, dan lain lain. Kedua bisa untuk sarpras seperti PAUD, posyandu, Poskesdes. Ketiga untuk buat BUMDesa, pasar desa, toko desa yang bersifat ekonomi," ujarnya.

Menteri Marwan kembali mengingatkan agar dana desa tidak digunakan untuk membangun kantor desa atau yang di luar peruntukannya. "Tidak boleh menyimpang dari prioritas itu," ujarnya.

Bupati Magetan, Sumantri, mengapresiasi kebijakan mendes yang pro terhadap desa. Masyarakat desa saat ini menurutnya merasakan manfaat dana desa.

"Magetan dana desa 58 miliar tahun 2015, dan tahun 2016 meningkat lebih dari 100 persen. Ini kabar yang menggembirakan kita semua," katanya.

Info Menteri Desa, PDTT/Sukriwandi