PIFAF 2017

Jumat, 29 April 2016

Mobil Rental Dugaan Digelapkan Disita Polisi
Mobil Avanza Rental Diamankan Polisi
Barang Bukti Kasus Penggelapan
POLEWALITERKINI.COM - Satuan Reskrim Kepolisian Resort Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sudah menangkap 3 orang pelaku dugaan penggelapan mobil rental yang sebelumnya dilaporkan 7 orang pemilik kendaraan.
Berdasarkan laporan itu, polisi sudah menyita 4 Mobil hasil dugaan penggelapan, dan menahan 2 orang ditambah 1 orang yang sudah ditangkap di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.
"Dua sudah ditahan, kemudian tim Opsnal sudah menangkap lagi 1 orang yang berada di Bulukumba dan saat ini dalam perjalanan menuju Kabupaten Polman, jadi keseluruhan tersangka ada 3 orang."Kata AKP Jeifson Sitorus, S.H. Jumat (29/04/2016).
Selain 4 mobil yang disita polisi, juga sudah dikantongi beberapa kendaraan lain yang sudah dipindah tangankan dan dalam tahap pencarian tim Reskrim Kepolisian Resort Polewali Mandar.
Untuk tersangka yang di tangkap di Bulukumba inisial (I), wonomulyo inisial (K), dan satunya lagi inisial (S), peranan ketiga tersangka ini dengan modus merental mobil, kemudian dipindatangankan kepada pihak lain dengan cara digadaikan.
Penyidik bakal melakukan pengembangan terhadap para penerima gadai dengan melihat peranan mereka menerimah mobil yang dipindatangankan, apakah mereka menerima gadai untuk kejahatan atau memang murni menolong dan akhirnya tertipu, nanti hasil lidik didalami.
"Sifatnya dari beberapa mobil itu, yang palaing banyak itu digadaikan, dengan nilai Rp. 15 juta hingga Rp. 30 juta bervariasi," Kata Jeifson Sitorus, S.H.
Keseluruhan yang di Laporkan 10 mobil merek Avanza dan sudah disita yakni, di Polewali dan Kabupaten Majene, sementara untuk Makassar dan Kabupaten lain petugas sementara melakukan pengejaran hingga saat ini.
Dalam kasus ini, para pelaku akan dikenakan Pasal 372 KUHP penggelapan, kemudian akan melihat peranannya dan jika dapat dibuktikan maka penyidik dapat menggunakan Pasal 480 KUHP terhadap orang yang menerimah gadai tersebut.
 Laporan  :  Sukriwandi