PIFAF 2017

Rabu, 06 April 2016

SMPN 4 Polewali Polman
POLEWALITERKINI.COM - Tim Pemantau adiwiyata dari Badan Lingkungan Hidup Propinsi sulawesi barat, lakukan kunjugan diempat sekolah yang menjadi calon Adiwiyata Nasional.
Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN 4 Polewali) di kabupaten Polman, salah satunya yang masuk calon adiwiyata tingkat Nasional.
Dalam kunjungannya, tim Penilai dari BLH Propinsi ini didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora), Kabupaten Polman. Andi Parial Patajangi, kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Polman dan Asisten 2 Bidang Pembangunan dan Ekonomi Pemkab Polman. Darwin Badaruddin.
Salah satu tim penilai adiwiyata dari BLH Propinsi. Trans Fakiding mengatakan, kunjangan ini merupakan tindak lanjut dari program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  yang menyangkut adiwiyata.
Dia menjelaskan bahwa adiwiyata itu adalah program untuk meningkatkan kepedulian warga sekolah untuk peduli dan berbudaya lingkungan.
Proses pengajuannya yakni, sekolah mengajukan diri di kabupaten untuk dibina setelah itu tim turun di sekolah untuk melakukan verifikasi data, kalau layak dan memenuhi kriteria maka akan dinaikkan kelevel tingkat Propinsi.
"Setelah dievaluasi dan diverifikasi karna ada empat komponen yang harus dipenuhi kalau itu memenuhi syarat dan kriteria maka kita akan naikkan ketingkat Nasional." Kata Frans Fakiding saat melakukan kunjungan di SMPN 4 Polewali. Rabu (06/04/2016).
Menurutnya, kunjugan kali ini untuk mencocokkan data yang masuk karna SMPN 4 ini merupakan calon adiwiyata Nasional, dan mereka sudah memenuhi persyaratan, makanya kami turun dan meninjau langsung apakah sekolah yang dimaksud ini benar-benar sesuai dengan data administrasi yang masuk.
Dia tambahkan, di polman ini ada empat sekolah yang menjadi calon adiwiyata tingkat Nasional, 2 SMP dan 2 SMA yakni SMPN 4 Polewali dan SMPN 3 Polewali, sedangkan sekolah lanjutan tingkat atas yakni Madrasah Aliah Negeri
(MAN) Lampa dan SMAN 3 Polewali. Ujarnya.
Sementar itu Kepala Sekola SMPN 4 Polewali. Hj Kartini Karama salah satu sekolah calon adiwiyata Nasional mengatakan, berbagai upaya yang telah kami lakukan supaya sekolah kami masuk kategori adiwiyata Nasional.
"kami bersama para guru dan staf kerja keras memperbaiki administrasi dokumen sekolah dan kebersihan lingkungan sekolah, pokoknya empat komponen yang diminta itu kami berusaha penuhi semua."ungkapnya.

Laporan  :  Erwin Setiawan
Editor       :  Sukriwandi