PIFAF 2017

Selasa, 12 April 2016

Dzikir Akbar Bersama Kakanwil Kemenkumham Sulbar
dan Imam Besar Masjid Syuhada Polman Melibatkan
Warga Binaan Lapas Kelas IIB Polman
POLEWALITERKINI.COM - Seluruh warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) KKlas IIB Kabupaten Polman, selasa 12 April 2016, gelar dzikir akbar dan sholat taubat di Masjid Lapas.

Kegiatan ini dipandu Imam Besar Masjid Syuhada Polewali Mandar. Al-Ustadz Habib Fauzi Almahdali, dihadir Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Barat. Andi Dharif Rafied.

Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Barat. Andi Dharif Rafied mengatakan, kegiatan ini sangat penting dilakukan disetiap Lembaga Pemasyarakatan, tujuannya agar para napi ini dapat menyadari kesalahan sebelumnya.

Dia juga katakan, semoga setelah melakukan dzikir dan sholat taubat ini, pintu hati mereka jadi terbuka dan benar-benar sadar atas perbuatannya dan tidak mengulangi kembali setelah bebas menjalani hukuman, katanya.

"Dalam zikir dan sholat taubat tersebut  mereka diberikan pencerahan dan siraman rohani oleh ustadz Yang membimbing."

Bahkan kegiatan ini, bakal menjadi agenda rutin bagi semua Lembaga Pemasyarakatan yang ada di Sulbar. Untuk Lapas Kelas II B Polman, tiap hari sabtu pagi bakal dilakakukan sholat Taubat dan Dzikir Akbar.

"Kita mau Narapidana yang bebas dari sini itu semua dapat menyadari perbuatannya dan tidak mengulangi kembali, sehingga harus rutin dilakukan pendekatan diri kepada Tuhan, dan ini bukan saja Umat Muslim, tapi Napi yang beragama lainpun diberikan bimbingan rohani menurut agama dan kepercayaanya." Terang Andi Dharif Rafied.

Sementara itu Ustadz Habib Fauzi dalam kesempatannya mengatakan, para Narapidana ini diberikan pencerahan dan siraman rohani, agar mereka benar-benar bertobat atas apa yang pernah mereka lakukan.

"Kami buat itu supaya para narapidan ini tidak kembali lagi kesini dengan perbuatan kejahatan yang ia lakukan, dan Insya Allah kami juga punya program bagi mereka, yakni ketika mereka akan dibebaskan maka kami akan jemput dipintu gerbang dan membawa dia untuk diberikan lagi nasehat." Kata Imam Besar Masjid Syuhada Polman.

Pihak Lapas Kelas IIB Polman bersama dengan imam melakukan ibadah selama 3 hari sebelum para Narapidana yang bebas dikembalikan kepada keluarganya. dan itu akan dilakukan di masjid masjid terdekat, nantinya, pihak Imam Masjid Syuhada sudah menyiapkan sekira 10 orang Ustadz yang membimbing mereka. Tandas Al-Ustadz Habib Fauzi Almahdali.

Laporan  :  Erwin Setiawan

Editor     :  Sukriwandi