PIFAF 2017

Sabtu, 14 Mei 2016

Kasat Lantas Polres Polman AKP Eduard Stefrry SIK
POLEWALITERKINI.COM – Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sudah persiapkan personilnya menjelang pelaksanaan “Operasi Patuh 2016” yang dimulai. Senin 16-29 Mei 2016 secara serentak di seluruh Indonesia. Ungkap Kasat Lantas Polres Polman, AKP Eduard Steffri baru ini.

Berdasarkan amanat Kakorlantas Polri, Brigjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.SI. bahwa permasalahan di bidang lalu lintas jalan raya semakin hari semakin berkembang seiring dengan berkembangnya jumlah kendaraan bermotor, populasi jumlah penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup sehingga permasalan semakin kompleks.

Maka dari itu Korlantas Polri berserta jajaran Ditlantas Polda telah menetapkan kalender Operasi Patuh yang rutin di laksanakan setiap menjelang hari raya Idul Fitri guna menjaga Kamseltibcar lantas dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1437 H/2016 M.

“Disadari dalam menghadapi permasalahan di bidang lalu lintas, dibutuhkan peran serta Stakeholder demi peningkatan pelayanan masyarakat, koordinasi instansi pemerintahan yang bertanggung jawab dalam pembinaan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas harus terus dipermantab.” Kata AKP Eduard Steffri.

Tentu semua itu lanjut dia, berdampak terhadap belum maksimalnya ketersediaan sarana dan prasarana lalu lintas khususnya jalan, lokasi rawan kecelakaan (blackspot) kurang spesifik tertangani, seperti jembatan, persimpangan serta ruas jalan.

Satuan Polres Polman dalam pelaksanaan kegiatan Operasi terpusat dengan sandi "Ops Patuh 2016 " Bertujuan menurunkan angka kecelakaan, menurunkan pelanggaran, dan Melakukan Penindakan Hukum.

Pelanggar bakal ditindaki Kepolisian Lalulintas Polres Polman yakni, Pembonceng tidak pakai helm atau dua-duanya, Melanggar lampu merah, Langgar marka jalan dan garis setop, Naik motor lebih dari dua orang, Pakai Rotator/sirene pada mobil pribadi, Tidak pakai sabuk pengaman, Naik turun penumpang tidak pada tempatnya, Mobil plat hitam dipakai ompreng/angkutan umum, Langgar Letter “P”, Kendaraan Bak terbuka angkut penumpang.

Satuan Lalulintas menghimbau pengendara agar memeriksa kembali kelengkapan dan surat-surat kendaraan bermotor anda sebelum berkendara. Operasi "Patuh 2016" akan berjalan secara serentak dari Sabang sampai Merauke selama 14 hari.

Laporan  :  Sukriwandi