PIFAF 2017

Selasa, 17 Mei 2016

POLEWALITERKINI.COM – Jalan usaha tani di Desa Tapango, Kecamatan Tapango, adalah program kegiatan Dinas Pertanian dan Peternakan, Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, tengah merampungkan pekerjaaannya.
Program ini sebelumnya diusulkan para petani yang memahami kebutuhan di wilayahnya, pekerjaan ini sangat membantu petani mengangkut hasil panen, baik itu Padi, Palawija maupun hasil perkebunan seperti pisang, kelapa dan kakao.
Selain itu, jalan tani ini memudahkan para peternak kambing maupun sapi untuk mengambil pakan ternak di kaki gunung yang ada di desa itu.
Panjang jalan usaha tani ini berkisar 250 dan luas 2 meter, tampak jelas membelah lahan persawahan antara Dusun Takaturung, Desa Tapango Barat, dan Desa Tapango, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar.
Pekerjaan Jalan Usaha Tani Desa Tapango Hampir Rampung
Besaran anggaran pekerjan jalan usaha tani ini sebesar Rp. 165.000.000, dan dikerjakan pihak ketiga yakni, CV Sejati Mandiri Polewali, meski bukan swakelolah jalan itu nantinya akan menjadi asset para petani di desa setempat.
Seorang Petani kakao juga peternak Kambing, AMAT, saat melintas membonceng makanan kambing di jalan itu mengatakan, sebelum jalan ini dikerjakan pemerintah tiap hari para petani harus memarkir kendaraannya dipinggir jalan.
“Hampir setiap hari memarkir kendaraan dipinggir jalan, kemudian berjalan kaki menuju kebun dengan melewati pematang sawah milik petani, alhamdulillah jalan ini sudah hampir rampung kami sudah bisa naik motor masuk kedalam kebun.”Kata Amat.
Para petani berharap kepada Pemerintah agar tahun depan panjang jalan ini ditambah sekira 250 meter, sehingga kendaraan roda dua tembus dan bisa parkir di lereng gunung untuk mengangkut hasil pertanian dan makanan ternak.

Laporan  :  Burhanuddin Haruna
Editor      :  Sukriwandi

PolewaliTerkini.Net