PIFAF 2017

Senin, 30 Mei 2016

Rapat Koordinasi KPU Polman 
POLEWALITERKINI.COM - Ketua KPU Polman, M Danial, mengemukakan bahwa daftar pemilih merupakan elemen yang sangat penting dalam penyelengaraan Pemilu. Baik-buruknya daftar pemilih, akan sangat memengaruhi dan menjadi menjadi salah satu indikator suksesnya penyelenggaraan pemilu dan kualitas hasil pemilu.
Demikian diungkapkan dalam Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Penduduk dan Daftar Pemilih Berkelanjutan 2016 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melibatkan Stakeholders di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Senin, 30 Mei 2016.
Kata M Danial, “Kalau daftar pemilih tidak baik, dapat dipastikan proses dan hasil pemilu juga akan tidak baik. Sebaliknya, dengan daftar pemilih yang baik dan berkualitas, proses dan hasil pemilu akan menjadi lebih baik,” ujarnya.
Pada setiap Pemilu selama ini, daftar pemilih selalu menjadi sorotan. Berbagai pihak, selalu mempersoalkan adanya penduduk yang tidak dapat menggunakan hak pilih karena tidak terdaftar, sebaliknya ada yang terdaftar lebih dari satu kali (data ganda).
Sorotan lain, penduduk yang telah meninggal dunia atau telah pindah domisili masih terdaftar, ada pula anak di bawah umur dan belum memenuhi syarat memilih atau penduduk yang telah berubah status menjadi anggota TNI/Polri, terdaftar sebagai pemilih.
Mendahului Rakor Pemutakhiran Data tersebut, KPU Polman telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Capil Kabupaten untuk beberapa upaya. Antara lain, mengusulkan nama pemilih yang telah meninggal dunia dalam DPT Pilpres 2014 dihapus dari daftar penduduk agar tidak muncul lagi dalam DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu).
Laporan :  Sukriwandi

PolewaliTerkini.Net