PIFAF 2017

Senin, 30 Mei 2016

Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Penduduk dan
Daftar Pemilih Berkelanjutan 2016 oleh KPU Polman
POLEWALITERKINI.COM – Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Penduduk dan Daftar Pemilih Berkelanjutan 2016 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melibatkan Stakeholders di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, meminta para Kepala Desa melakukan penertiban dan perbaikan administrasi penduduk.
Perbaikan penertiban administrasi kependudukan merupakan bentuk upaya dan dukungan untuk tersedianya data penduduk akurat dan penting dalam rangka pemutakhiran daftar pemilih Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat 2017 mendatang.
Terkait dengan itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar, diharap segera menyediakan format baku mengenai peristiwa penting kependudukan untuk diisi dan dilaporkan secara rutin oleh kepala dusun di setiap desa.
Dalam rapat koordinasi itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Polman, Hj. Sakinah menjelaskan, bahwa salah satu kewajiban kepala dusun sebagai perangkat desa adalah melakukan pendataan penduduk, termasuk melaporkan setiap kelahiran, kematian, dan peristiwa kependudukan lain di wilayahnya.
“Tidak ada alasan kepala dusun tidak melakukan pendataan penduduk, karena merupakan salah satu kewajibannya,” tegas mantan Camat Wonomulyo. “Apalagi, sekarang para kepala dusun sudah mendapat honor tetap dari ADD (Alokasi Dana Desa),” tambahnya.
Rapat Koordinasi ini berlangsung di Hotel Bumiraya, Pekkabata, Senin 30 Mei 2016.
Rakor dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Dr. Sarja,  dihadiri Anggota KPU Sulawesi Barat Korwil Polman, Mursalim. Peserta rakor, selain Anggota dan Sekretaris KPU Polman, juga Dinas Kependudukan dan Capil, BPMPD, Kantor Kemenag, dan para Camat se-Kabupaten Polman.
Peserta Rakor bersepakat untuk mekakukan upaya kongrit mendukung penertiban adminsitrasi kependudukan, sehingga pemutakhiran daftar pemilih Pilgub dapat menghasilkan data pemilih yang akurat.
Laporan :  Sukriwandi

PolewaliTerkini.Net