PIFAF 2017

Selasa, 24 Mei 2016

Ilustrasi
POLEWALITERKINI.COM – Memasuki Bulan Ramadhan yang tinggal 2 minggu lagi, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, akan memperketat pemeriksaan hewan yang masuk.
Langkah ini dilakukan menjelang bulan ramadhan, dimana kebutuhan masyarakat untuk menkonsumsi daging dipastikan meningkat utamanya hewan unggas. Ungkap Kepala Bidang Peternakan Distannak Polman. Kaharuddin melalui telepon celuler. Selasa (24/5/2016). 
Distannak prediksi menjelang Ramadhan akan banyak hewan masuk ke Polman, alasan ini sehingga akan perketat pengawasan dan pemeriksaan seluruh kendaraan masuk yang memuat hewan ternak seperti sapi dan ayam potong diperbatasan.
“Sekarang ini banyaknya kasus tentang hewan di daerah luar, membuat timnya terus melakukan pemeriksaan hewan dan daging disejumlah pasar yang ada dipolman.  Bukan hanya hewan yang masuk saja melainkan hewan yang ada dalam daerah pun perlu kita perketat pemeriksaannya,” kata Kaharuddin.
Memasuki Ramdhan pastinya masyarakat banyak memerlukan daging, namun saya menghimbau kepada masyarakat bahwa mendapatkan daging segar dan halal untuk konsumsi bisa didapatkan di rumah Potong hewan (RPH),   yang tersedia.
Kata dia, daging asal rumah potong hewan dijamin kualitas karnanya, karena sudah melalui proses pemeriksaan kesehatan oleh tim Distannak Polman. “Jadi hewan yang disembelih dari RPH itu dipastikan kualitasnya, ASUH yakni Aman Segar Utuh dan Halal,” jelas  Kharuddin.
Tim Bidang Peternakan Distannak Polman tidak pernah berhenti melakukan pemeriksaan hewan dan daging disejumlah pasar, antisipasi dini dilakukan untuk menghindari adanya daging atau hewan tak layak diperjual belikan di pasar lolos dari pemeriksaan.
“Semua itu sudah kita antisipasi, makanya Tenaga kesehatan hewan yang kami miliki itu stanby terus dipuskeswan untuk memantau aktivitas jual beli daging utamanya dibulan Ramadhan mendatang.” Tambahnya.
Laporan  :  Erwin Setiawan
Editor       :  Sukriwandi

PolewaliTerkini.Net