PIFAF 2017

Kamis, 19 Mei 2016

Ternak Sapi Ganggu Pengguna Jalan Bhayangkara 4
Kelurahan Darma, Polewali, Polman
POLEWALITERKINI.COM – Syukur jurnalis sekaligus warga Jalan Bhayangkara 4, Kelurahan Darma, Kecamatan Polewali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, melaporkan kondisi jalan cukup meresahkan masyarakat setempat, pasalnya para peternak sapi ini manfaatkan jalan sebagai tempat mengembala.

Berdasarkan keterangan warga yang syukur himpun, kondisi tak nyaman akibat aktifitas para peternak sapi sudah lama terjadi, pasalnya setiap hari mereka mengumpulkan ternak sapi miliknya di jalan yang berakibat menganggu pengguna jalan khususnya warga setempat.

Adu mulut warga dengan peternak sapi kadang terjadi, mereka tidak menerima ternak mengotori  jalan serta merusak tanaman. Kondisi jalan diduga menjadi pemicu, belum adanya perhatian pemerintah melakukan pengerasan sehingga rumput menjadi subur dan jadi sasaran para peternak.

Meski demikian warga setempat tampak terlihat selalu lakukan pembersihan dengan menggunakan racun rumput yang dibeli dengan dana sendiri, karena jalan itu dimanfaatkan para siswa-siswi dan masyarakat terutama pada pasar selasa dan jumat.

Alasan para siswa di sekitar jalan bhayangkara 4 memilih jalan itu, karena hanya menempuh jarak sekira 400 meter untuk tiba di sekolah, seperti siswa SMKN 1 Polewali, SMAN 2 Polewali dan SMPN 4 Polewali, begitupula alasan warga yang memilih berjalan kaki ke pasar senteral  pekkabata dan hanya menempuh perjalanan sekira 500 meter. Katanya.

Untuk siswa lain yang menggunakan kendaraan roda dua kesekolah mereka berputar melalui jalan bhayangkara 3, karena jalan bhayangkara 4 belum tembus dan tidak bisa dilintasi kendaraan bermotor roda dua maupun empat.

Sebagian warga mengarapkan perhatian serius pemerintah melakukan pengerasan jalan dan dipastikan rumput tak tumbuh lagi dan para peternak juga tidak akan mengembala sapi di jalan, wargapun tak terganggu dengan para peternak.

Sebelumnya penulis beberapa kali mendatangi dan berkordinasi dengan pihak Kelurahan Darma, namun para peternak sapi ini tetap juga mengembala dan mengumpulkan ternak miliknya di jalan bhayangkara 4 Keluarahan Darma.

Laporan  :  Syukur HT

Editor        :  Sukriwandi