PIFAF 2017

Senin, 06 Juni 2016

Adengan Dimana Satpam Juga Masuk Utak Atik
Ruangan Teller Bank
Pimpinan Lama Bank BNI Capem Polewali
Pimpinan Baru Bank BNI Capem Polewali Menolak
di wawancara Wartawan
POLEWALITERKINI.COM – Satuan Reskrim Kepolisian Polewali Mandar, Sulawesi Barat, kurang lebih 2 jam dari  pukul 15.30 wita melakukan reka ulang proses terjadinya pembobolan dana dalam Kaset atau penyimpanan uang di dalam mesin ATM milik Bank BNI Polman yang dilakukan oleh petugas Satpam. Senin, 6 Juni 2016.
Dalam reka ulang terjadi kurang lebih 13 adengan yang diperagakan Pelaku Satpam non Organik Bank BNI Capem Polewali Mandar, mulai dari mengamati situasi hinga mengambil kunci di beberapa meja milik pegawai BNI yang seharusnya tidak dilakukan oleh petugas Satpam.
Bahkan dalam rekon itu terungkap jika Satpam memiliki kartu Admin yang seharusnya dipegang oleh Pimpinan Bank BNI Capem Polewali dan Petugas Bank Khusus menangani ATM. Keganjilan serupa muncul setelah pelaku dengan mudah memasuki ruangan teller yang juga seharusnya satpam tak berada diruangan itu.
Peragaan modus operandi yang dilakukan seorang petugas Satpam non organik terlihat mudah dilakukan, berhubung petugas keamanan internal Bank ini leluasa layaknya seorang pegawai Bank mengambil kunci, memasuki ruangan teller dan mengetahui kapan uang di sejumlah ATM kosong.
Terkait keganjilan itu, pihak pimpinan BANK BNI Capem Polewali yang sudah di nonjobkan oleh pimpinannya tidak bersedia dimintai keterangan oleh wartawan terkait keganjilan pasca terungkapnya kasus bobolnya uang di mesin ATM milik BANK BNI Capem Polewali.
Demikian juga pimpinan baru BANK BNI Capem Polewali. Jabir juga menolak untuk dimintai keterangan, bahkan didepan wartawan mengatakan, pimpinan sudah dicopot dan saya belum bisa berkomentar sebab ada yang berkewenangan.
“Saya baru hari ini masuk mengganti pejabat lama, adanya kejadian ini otomatis terganti, jadi kalo anu ada bagian tersendiri wawancaranya di, yang bisa diwawancarai disini kebetulan baru balik kemakassar, nanti dia balik lagi.” Kata pimpinan baru Bank BNI Capem Polewali. Jabir.
Sementara masyarakat yang melihat reka ulang diluar kantor Bank BNI Capem Polewali yang minta namanya tidak disebutkan mengatakan, sangat menyesalkan pihak Bank BNI Capem Polewali yang terlalu lemah dalam sistim pengamanan Bank baik secara elektonik maupun internal pengamanan satpam.
Dia takutkan jika sistim pengamanan Bank lemah, kedepan Nasabah yang bakal menjadi korban, sehingga dia menyarankan agar seluruh personil Bank BNI Capem Polewali di evaluasi oleh pimpinannya, terburuknya harus dipindah tugaskan keseluruhan.
Laporan  :  Sukriwandi