PIFAF 2017

Kamis, 02 Juni 2016

Dandim 1402/Polmas Ajarkan Siswa Sejarah Pancasila
Materi Pancasila di Paparkan Dandim 1402/Polmas
POLEWALITERKINI.COM - Dalam rangka memperingati hari lahirnya  pancasila 1 juni Tahun 2016 Kodim secara serentak memberikan materi Pancasila di sekolah- sekolah mulai tingkat SD sampai dengan tingkat SMA sederajat di wilayah Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Mamasa yang merupakan wilayah teritorial Kodim 1402/Polmas. Rabu (01/06)
Kegiatan Pemberian Materi Pancasila dilakukan Kodim 1402/Polmas serta jajaran di sekolah- sekolah mulai  tingkat SD sampai tingkat SMA sederajat  merupakan perintah Pimpinan TNI untuk memperingati hari lahirnya Pancasila.
Kodim  1402/Polmas melalui para Danramil dan Babinsa bekerja sama dengan para guru di sekolah untuk kegiatan mengajar Pancasila tersebut selama 30 sampai 60 menit dan tetap mengedepankan guru di sekolah dengan materi pembahasan seperti sejarah Pancasila, mengapa Pancasila menjadi dasar negara, mengapa 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila dan 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila.
Dandim 1402/Polmas Letkol Kav I Made Bagus Suraputra turun langsung ke sekolah memberikan materi Pancasila di SMA Negeri 2 Polewali didampingi Danramil 1402-01/Polewali serta babinsa setempat.
Pada kegiatan pemberian materi Pancasila di SMA Negeri 2 tersebut Dandim 1402/Polmas memberikan materi dengan tema “Memantapkan Pancasila di Lingkungan Sekolah”, Ratusan siswa dan siswi SMU Negeri 2 Polewali Tampak serius menerima materi yang dipaparkan Oleh Dandim.
Di hadapan ratusan siswa SMU Neneri 2 Polewali,  Dandim berharap kepada siswa dan siswi yang merupakan penerus bangsa bahwa Pendidikan nasional berdasarkan Pancasila Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak dan perilaku siswa dan siswi  yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang cerdas dan mampu bersaing menghadapi era informasi yang begitu pesat dan cepat.
Ia juga berpesan kepada para siswa bahwa kalian harus menjadi pemenang karena sejak manusia dilahirkan sudah menjadi pemenang tentunya dengan belajar dengan baik serta sebagai generasi penerus bangsa kalian harus menjauhi narkoba dan pergaulan bebas yang dapat merusak masa depan kalian.
Setelah memberikan materi Pancasila dihadapan ratusan siswa dan siswi tersebut kepada media menjelaskan bahwa saat ini masih banyak remaja-remaja yang kurang memahami Pancasila sebagai ideolgi negara. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa  mempunyai arti bahwa Pancasila menjadi pedoman bagi setiap perilaku bangsa Indonesia. Perilaku setiap warga Negara harus dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila, sehingga sejak dini para pemuda sebagai penerus bangsa harus mempunyai kepribadian dan jati diri sendiri yang membedakan dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Karakter bangsa Indonesia akan ditentukan oleh implementasi fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa.
“Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk turut berpartisipasi dalam upaya mencapai tujuan negara. Oleh karena itu, kegiatan semacam ini sangat penting dilakukan di sekolah sekolah agar pemahaman anak sekolah tentang Pancasila dapat dipahami dan dipedomani dalam bertingkah laku baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal mereka”. Jelas Dandim
Pada hari ini tanggal 1 Juni bertepatan dengan hari lahirnya pancasila secara serentak Para Danramil serta babinsa mengajar materi Pancasila di sekolah-sekolah muali tingkat SD sampai Tingkat SMU di wilayah masing-masing
Degan kegiatan ini, diharapkan generasi muda khususnya anak sekolah sebagai penerus kelangsungan hidup bernegara, akan memiliki pemahaman yang benar tentang Pancasila dan bisa menjadi benteng kokoh dari kelicikan para penghianat Pancasila.(*Zaenal/2105/PT/WND)

PolewaliTerkini.Net