PIFAF 2017

Senin, 13 Juni 2016

Bupati Polman, Perbaikan Data Desa dan Lurah
Dijanjikan Umroh
Bupati Polman Intruksikan Perbaiki Data
Desa dan Lurah
POLEWALITERKINI.COM – Menghadapi pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat 2017, Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar berharap seluruh jajaran pemerintahan memberi dukungan maksimal. Demikian rilis KPU Polman. Senin 13 Juni 2016.
Khusus mengenai data penduduk yang sangat penting untuk kelancaran pendaftaran pemilih dengan hasil yang akurat, para kades/lurah diperintahkan melakukan perbaikan data masing-masing desa/kelurahan dan dilaporkan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
“Semua kepala desa dan lurah, Saya instruksikan memerbaiki data penduduk masing-masing. Harus melaporkan data terbaru (update) yang meliputi data penduduk yang lahir, meninggal, penduduk yang masuk (datang) dan pindah keluar.”
Begitu perintah Bupati Polman, pada pertemuan koordinasi persiapan Pilgub Sulbar di ruang pola kantor bupati, Senin 13 Juni.
Untuk menyemangati para kades dan lurah memerbaiki data penduduk masing-masing wilayah, Andi Ibrahim Masdar menjanjikan hadiah umrah untuk lima desa/kelurahan terbaik pendataan penduduk.
“Kades/lurah yang memasukan data terbaik, valid dan akurat akan Saya sediakan hadiah khusus berupa umrah ke Tanah Suci,” ujarnya yang disambut tepuk riuh.
Bupati mengingatkan, bahwa data yang baik adalah yang sesuai kenyataan sebenarnya, sehingga betul-betul valid dan akurat.




“Data yang baik butuh kejujuran. Jangan mengakal-akali pendataan, tulis yang sebenarnya. Kalau (pendataan) tidak jujur, pasti akan selalu menjadi masalah. Kalau tidak jujur, Allah Maha Tahu,” tandasnya..
Menghadapi Pilgub Sulbar, Bupati Polman berharap daerahnya memiliki data penduduk yang akurat. Kalau bisa, katanya, bagaimana Polman menjadi percontohan data penduduk yang akurat sebagai basis pendaftaran pemilih Pilgub dan pemilu-pemilu selanjutnya, sehingga semua penduduk yang memenuhi syarat terlayani haknya untuk memilih.
Untuk itu, seluruh jajaran Pemkab sampai ke bawah harus berperan optimal.
Khusus Dinas Kependudukan dan Capil, diminta berperan optimal untuk mendukung kebutuhan KPU mengenai data pemilih yang tervalidasi dengan baik.
“Kita tidak ingin masalah data pemilih terus berulang. Penduduk yang sudah lama meninggal masih tercatat, sementara ada juga penduduk yang tidak terdaftar,” imbuh mantan Anggota DPRD Sulbar itu.
Untuk mengetahui data terbaik, Bupati akan membentuk tim validasi untuk mengecek kebenaran data dengan instrument penilaian yang segera ditetapkan.
Hadir dalam rakor, selain para kades/lurah, juga para camat dan jajaran Pemkab Polman, termasuk para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, kepala SKPD dan Kabag. Hadir juga Dandim 1402 Polmas, Kajari, dan Kabag Ops Polres.
Dari KPU Sulbar, hadir Anggota KPU Mursalim dan Adi Arwan Alimin dan beberapa pejabat struktural Sekretariat KPU Sulbar, Ketua KPU  Polman M Danial dan para komisioner KPU kabupaten dan sekretariat.(*****)