PIFAF 2017

Senin, 13 Juni 2016

KPU Sosialisasi Perekrutan Penyelenggara Adhoc
Peserta Rakor di Lantai Dua Pemkab Polman
POLEWALITERKINI.COM - Menghadapi pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat 2017, KPU menyempatkan melakukan sosialisasi pembentukan dan perekrutan penyelenggara adhoc Pilgub (PPK, PPS dan KPPS). Demikian rilis KPU Polman dalam rakor. Senin 13 Juni 2016.
Pada acara itu, KPU juga mensosialisasikan pembentukan penyelenggara adhoc Pilgub (PPK, PPS dan KPPS) yang juga membutuhkan peran pemerintah, khususnya para camat, kades/lurah dalam rangka penyiapan lokasi sekretariat dan pengangkatan personil Sekretaris PPK dan Sekretaris PPS serta staf sekretariat.
Dalam rangka Pilgub Sulbar 2017, KPU akan melakukan perekrutan PPK dan PPS secara terbuka, dengan memperhatikan sumberdaya yang memiliki kompetensi, kapasitas, integritas dan kemandirian.
Sesuai UU dan Peraturan KP, di setiap kecamatan dibentuk PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dengan personil lima orang, dan setiap desa/kelurahan sebanyak tiga orang PPS (Panitia Pemungutan Suara), dan setiap TPS akan direkrut masing-masing tujuh orang.
Selain itu, akan direkrut PPDP (petugas pemutakhiran daftar pemilih) setiap TPS, dan petugas ketertiban (Linmas) masing-masing dua orang setiap TPS.

Ketua KPU Polman, M Danial menyebut, untuk kebutuhan tersebut setidaknya akan direkrut 9.020 orang petugaspenyelenggara adhoc, termasuk personil sekretariat PPK dan PPS. Untuk PPK pada 16 kecamatan, dibutuhkan 80 personil (lima orang setiap PPK), lalu PPS pada 167 desa/kelurahan dibutuhkan  501 (tiga orang setiap desa/kelurahan).
Untuk KPPS masing-masing tujuh orang, dibutuhkan 5.523 personil yang akan bertugas pada 789 TPS, kemudian PPDP sebanyak 789 orang, dan petugas ketertiban sebanyak 1.578 orang atau masing-masing dua orang setiap TPS.
Sedangkan personil sekretariat, terdiri 128 perseonil Sekretaris dan dua Staf Sekretariat PPK, begitupun PPS yang terdiri seorang Sekretaris dan dua personil Sekretariat PPS.
“Rekruitmen dilakukan secara terbuka, makanya KPU mengumumkan secara meluas kepada masyarakat,” ujarnya.(*****)

PolewaliTerkini.Net