PIFAF 2017

Sabtu, 04 Juni 2016

Tampak Gambar Atap Rumah Warga Rumpa'e Rusak
Akibat Anging Puting Beliung
Atap Rumah Warga Rusak Disapu Anging Puting Beliung
POLEWALITERKINI.COM – “Laso Anging” atau angin puting belitung rusak atap rumah warga kampung rumpa'e, dusun bulubawang, desa Patampanua, kecamatan Matakali, dan 12 rusak ringan di Dusun Sattoko, Desa Besoangin, Keamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar.
Menurut keterangan warga setempat. Lukman, pada Jumat sore sekira jam 17.00 wita, tiba tiba terbentuk pusaran angina ditengah embang dan mengarah dari timur kebarat. Akibatnya, 5 Kepala Keluarga mengalami kerusakan parah pada bagian atap.
“Sore itu pak kami melihat pusaran anging “Laso Anging” atau puting beliung dari tengah empang disertai hujan, kemudian mengarah dari arah timur kebarat, dan merusak 5 atap rumah warga, termasuk mertua saya.”Kata Lukman.
Beruntung saat itu anging menyeberang ke sisi belakang rumah warga, dan hanya merusak 5 atap rumah, tak terbayangkan jika arah angin lurus dan mengenai perkampungan penduduk, dimungkinkan kerusakan akan lebih besar.
Sementara dari petugas Badan Penanggulangan Bencana Kabupten Polewali Mandar, yang ditemui di lokasi menyampaikan bahwa musibah angina putting beliung hampir bersamaan terjadi di Dusun Sattoko, Desa Besoangin, Kecamatan Mapilli, mengakibatkan 12 rumah rusak ringan pada bagian atap.
Meski bencana angin puting beliung merusak rumah warga di 2 desa, namun dilaporkan tak ada korban jiwa. Hingga berita ini diterbitkan ditaksir kerugian material akibat bencana ini sekira puluhan juta rupiah.
Laporan : Sukriwandi