PIFAF 2017

Minggu, 12 Juni 2016

Ilustrasi
POLEWALITERKINI.COM – Berbuka puasa dengan berbagai macam makanan dan minuman seperti kolak, jus, dan yang lainnya rasanya pasti meggoda. Tapi tahukah Anda? mengonsumsi makanan tak sehat saat berbuka puasa bisa membuat tubuh Anda gemuk.
“Buka puasa dengan yang manis adalah untuk menaikan gula darah, tapi perlu diperhatikan. Pilihlah makanan dan minuman yang manis yang sehat”. Hal ini diungkapkan dari dr. Samuel Oetoro MS, Sp. Gk, beliau adalah dokter spesialis gizi klinik dari Siloam Hospital. Seperti dikutip beritacenter.com.
Sangat dianjurkan mengonsumsi makanan dan minuman manis, tapi kalau bisa sebaikanya hindari makanan dan minuman yang mengandung produk gula dan karbohidrat sederhana seperti kolak, teh manis atau sirup yang mengandung pemanis buatan.

dr Samuel menyarankan untuk makanan manis dan sehat untuk bukal puasa seperti Kurma dan buah atau Jus buah.
“Ketahuilah, gula dari buah itu sehat sekali. Pilih buah yang mengandung banyak air, seperti semangka dan melon atau kelapa. Itu gula darahnya bisa segera naik tapi tetap sehat, Jumat(10/6/2016).
“Makanan utama harus mengandung nutrisi lengkap karena tubuh sudah kekurangan nutrisi selama 14 jam berpuasa. Kandungan nutrisi yang harus ada adalah: karbohidrat kompleks seperti nasi merah, nasi hitam, atau kentang yang direbus dengan kulitnya; protein seperti ikan, daging ayam, atau putih telur; serta sayur dan buah”, tambahnya.
“Karbohidrat kompleks mengandung tinggi serat supaya penyerapannya pelan-pelan, gula darah naiknya pelan-pelan, dan akan dimasukkan ke sel oleh insulin secara perlahan,” ujar dr Samuel.
“Setelah Tarawih, bisa makan lagi sayur dan buah. Ini agar kadar gula darah tetap tinggi sebelum tidur” Ujarnya.

PolewaliTerkini.Net