PIFAF 2017

Senin, 13 Juni 2016

Drs H Saddong Bani
POLEWALITERKINI.COM – POLEWALITERKINI.COM - Kultum singkat malam ke 8 tarawih ramadhan 1437 H tahun 2016 di masjid agung syuhada, dibawakan ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Drs. H. Saddong Bani. Minggu, 12 Juni 2016.
Dalam kultum ceramah singkatnya. Drs. H. Saddong Bani menyampaikan kepada Jamaah tarawih dalam menjalankan ibadah puasa ada 4 hal bagian dalam proses pelaksanaan puasa ramadhan yang harus diperhatikan.

Pertama ialah menjaga “LIDAH” perkara ini juga harus dijaga terkhusus kaum wanita yang rawan dan kebanyakan melakukan cerita yang tidak bermanfaat, membahas aib orang lain, menceritakan kekurangan tetangga dan sebagainya.
“Jangan sampai kita menggosipi orang lain atau tetangnga,” kata H. Saddong Bani,
Kedua “SHOLAT TARAWIH” adalah bagian dari puasa yang tak terlepas dalam satu keutuhan ibadah ramadhan yang kita laksanakan, tentu harus dilengkapi layaknya bangunan masjid yang memiliki tiang, dinding, atap dan sebagainya.
Ketiga “MAKAN SAHUR”, dalam ibadah puasa ramadhan bagian ini disunnahkan jangan sampai terlewatkan, bahkan “ANAK-ANAK” yang belum wajib melaksanakan ibadah puasa upayakan bangunkan dan dibiasakan sahur bersama agar mereka kelak sudah terbiasa bangun dalam bulan ramdhan.
“Bangun makan sahur disunnahkan itu, siapa yang bangun makan sahur di bulan puasa Ramadhan di sholawati ALLAH SWT dan Malaikat, jadi tidak tanggung-tanggung.”Kata Drs. H. Saddong Bani.
Diakhir ceramahnya mengajak kepada seluruh Jamaah Tarawih agar menjaga bulan suci ramadhan ini jangan sampai terkotori oleh kebiasaan yang berkesan pembiaran yang dilakukan orang tua terhadap anak-anaknya dalam kaitan pelaksanaan ibadah dimasjid, sementara mereka bermain petasan.
Laporan  :  Sukriwandi

PolewaliTerkini.Net