SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018



PERINGATAN...! "Pasang CCTV sebelum terlambat..."

< (( RAMADHAN COME AGAIN..! )) >

08/03/17

Kepala Dinas Perhubungan, Yusuf D
POLEWALITERKINI.NET – Sejumlah warga menilai terminal Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, untuk kendaraan angkutan umum kini tidak berfungsi dengan baik. Meskipun terlihat beberapa kendaraan terparkir, namun lebih banyak yang di bagian depan pasar dan pinggir jalan poros trans-sulawesi.

Kondisi itu menjadi salah satu penyebab wilayah pasar Wonomulyo sering terjadi kemacetan karena padatnya kendaraan terlebih pada hari pasar.

Kepala Pasar Wonomulyo. Anwar saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, kewenangan pihak Dinas Perhubungan sering dipertanyakan. Dia katakan, menyesalkan seringnya terjadi atrian parkir kendaraan di jalan depan pasar, padahal sudah ada tempat yang disiapkan.

"Sebenarnya ini kewenangan pihak Dinas Perhubungan untuk penertiban kendaraan. tapi sebagai aparat pasar kami juga punya kewajiban untuk mengatur ketertiban pasar. Makanya kita pernah pancing kendaraan dengan menempatkan pasar subuh di terminal, namun lambat laun kembali lagi. dalam hal ini memang harus butuh pengawalan dari petugas Dishub." Ungkap Kepala Pasar Wonomulyo. Anwar.

Aturan sebelumnya pernah disepakati untuk tidak mangkal di bagian pasar atau pinggir jalan Trans-sulawesi kini tidak diindahkan lagi. Anwar sering kali berkoodinasi ke Dishub dan meminta solusi, tapi sampai sekarang belum ditindaki.

"Kita maunya ini segera ditindaki, karena memang kendaraan mempersempit pasar seperti bentor, becak dan mobil angkutan umum," kata Anwar.

Salah seorang supir mobil angkutan umum yang tidak ingin disebutkan namanya mengungkapkan, bukannya ia tidak mau mengikuti aturan, tapi sebagai supir angkutan yang pada dasarnya mengejar penumpang, ia merasa tidak adil kalau ada mobil pete pete lain bisa memarkir di luar, sedangkan ia harus menunggu di terminal.

"Kita ini supir angkutan umum yang kerjanya cari penumpang, jadi kalau ada mobil lain bisa di luar, ya kenapa kita tidak. Kalau memang aturan ini berlaku untuk semua, ya semua harus kena." Pintanya.

Sementara Kepala Dishubkominfo Polman. Yusuf. D. saat ditemui diruangannya mengakui jika terminal Wonomulyo belum efektif lantaran mobil angkutan umum jenis pete pete lebih memilih mangkal di depan pasar atau masuk ke jalan menuju kantor camat dari pada masuk ke terminal mencari muatan.

"Kemarin kita sudah buat pertemuan bersama pihak terkait dan telah disepakati untuk tidak ada lagi angkutan umum mangkal di depan pasar, begitupun jalurnya tidak boleh langsung mesti masuk ke terminal dulu, tetapi semuanya percuma tetap saja dilanggar," Ujar Yusuf.

Dia menambahkan, pihaknya telah mengeluarkan anggaran Rp. 40 juta untuk rambu rambu jalan yang dipasang di sekitar pasar Wonomulyo.

"Meski rambu rambu yang sudah kita pasang ini hampir semuanya hilang gara gara dirusak orang tak bertanggungjawab, masalahnya disini Dishub tidak ada kewenangan melakukan penindakan terhadap angkutan umum yang melanggar, karena itu ranahnya polisi lalu lintas." Tutup Yusuf.

Laporan  : Z Ramadhana

Editor      :  Sukriwandi

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Paling Populer

Football Live Scores

Standings provided by Polewali Terkinipolewaliterkini.net

loading...