SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018

Plh Kepsek SDN 001 Polewali, Muhammad Ketika
Dikonfirmasi Wartawan. Jumat  (10/03/2017).
Enam Siswi SDN 001 Polewali Mengaku Beli Buku Tema 
Buku Tema Yang Dibeli Siswa
POLEWALITERKINI.NET - Pelaksana Harian Kepala Sekolah SDN 001 Polewali. Muhammad ketika meminta klarifikasi berita orang tua mengeluh karena disuruh beli buku tema, saat ditemui diruangannya mengatakan buku tersebut bukan buku tema melainkan buku lembaran kerja siswa (LKS ).

Meski dia mengakui bahwa di dalam buku tersebut berimbang antara materi dan soal soal.

"Buku yang terjual itu adalah LKS, bukan buku tema, karena buku yang dibeli diluar itu tidak disediakan pemerintah," kata Muhammad.

Dia menambahkan, seluruh siswa SDN 001 boleh tidak membeli buku diluar karena pihak sekolah tidak melarang dan tidak ada sanksi untuk siswa.

"Buku LKS itu tidak wajib dibeli siswa, silahkan kalau orang tua siswa tidak mau beli, tidak apa apa," kata Muhammad.

Selain itu, kata Muhammad, pihaknya akan menuntut peran serta guru untuk memaksimalkan buku panduan yang sudah terlanjur dibeli siswa.

"Kita ini butuh tambahan ilmu dari luar jadi wajar wajar saja ada 2 atau 3 buku referensi dari luar," Ujarnya.

Berdasarkan hasil rapat PLH Kepala sekolah bersama sejumlah guru guru di SDN 001 Polewali membahas terkait tindak lanjut masalah pembelian buku LKS disimpulkan 5 item masukan, yakni :

Foto, Hasil Rapat SDN 001 Polewali
Terkait Masalah Buku
1. Konfirmasi ke toko media ilmu.
2. Mencari solusi dengan memberikan jawaban berupa satu kata.
3. Tidak ada anjuran ke siswa beli buku. 4. tidak ada lagi kata kata yang bisa diralat karena ada bukti rekaman fisik video percakapan dengan siswa yang beli buku.
5. Fungsikan buku penghubung yang disampaikan ke orang tua siswa dan juga menyampaikan ke orang tua siswa tentang kebutuhan anak,

Terkait uang perpisahan sekolah yang dibebankan kepada setiap orang tua siswa sebesar Rp. 150 Ribu, Muhammad menjelaskan bahwa pihak sekolah tidak tahu menahu.

"Itu kesepakatannya orang tua siswa yang mau menyumbang, dan boleh saja tidak menyumbang," Kata Muhammad.

Terpisah, Hamka Rasyid sekertaris dinas pendidikan Polman ketika dimintai keterangan menuturkan, semua SDN dan SMPN di Polman tidak dibenarkan menyuruh siswanya membeli buku tema maupun LKS apapun alasannya.

"Semua siswa SD dan SMP harus mendapatkan buku tema secara gratis, buku LKS saja yang isinya lebih banyak soal daripada materinya siswa tidak bisa dipaksakan beli." Tegasnya.(*)

0 komentar:

Post a Comment

PolewaliTerkini.Net

Berita Populer

loading...