SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018



PERINGATAN...! "Pasang CCTV sebelum terlambat..."

< (( RAMADHAN COME AGAIN..! )) >

17/03/17

Kepala Badan Keuangan Pemkab Polman, Mukim
POLEWALITERKINI.NET – Porsi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah( APBD ) Kabupaten Polman sebesar Rp. 1,2 triliun tahun 2016 lebih dominan dikuasai belanja pegawai, begitupun ditahun 2017 APBD juga lebih besar keluar untuk belanja pegawai, Hal ini dilontarkan Kepala Badan Keuangan Pemkab Polman. Mukim, saat ditemui diruangannya. Jumat 17 Maret 2017.

Menurutnya, di tahun 2016 saja, dari 1,2 triliun APBD Polman,  gaji pegawai menyedot Rp. 600 miliar dan ini belum lagi ditambah Rp. 400 miliar untuk pengadaan barang dan jasa, sementara anggaran pembangunan fisik tercatat kurang lebih Rp. 200 miliar.

"Iya. APBD Polman 1,2 triliun di tahun 2016 porsinya lebih besar untuk belanja gaji pegawai, Rp. 600 miliar, itu sudah masuk gaji 13 dan 14 serta tunjangan kesehatan Bupati, kalau untuk anggaran pembangunan fisik itu dianggarkan Rp.200 miliar yang dibagi ke SKPD dan sisanya  Rp.400 miliar untuk belanja pengadaan barang dan jasa seperti gaji tenaga kontrak, alat tulis kantor, diantaranya juga termasuk penggunaan kendaraan dinas, dan kegiatan yang dananya tidak dianggarkan SKPD." Kepala Badan Keuangan Pemkab Polman. Mukim.

Selain itu, kata Mukim, besarnya anggaran belanja pegawai karena jumlah PNS di Polman mencapai hampir 8000 orang.

"Kita keluarkan gaji pegawai itu per bulan hampir Rp. 30 miliar itu sudah termasuk pensiunan, dan tunjangam asuransi kecelakaan yang dipotong dari dua setengah persen dari gaji PNS," kata Mukim.

Pengeluaran membayar gaji PNS di tahun 2017 agak sedikit berkurang karena gaji guru SMA dan SMK sudah ditanggung oleh provinsi.

"Pengeluaran untuk gaji PNS sedikit berkurang di tahun ini, lantaran kewenangan penggajian guru SMA/ SMK diambil alih provinsi," ujar Mukim.

Saat ingin di konfirmasi ke ruangan bagian umum Pemkab Polman, Kabag Umum. Ahmad Kilang dan Kasubag Umum. Ansar Malle keduanya tidak ada ditempat.

Terpisah Pimpinan Bank Sulselbar. Andi Mulyadi saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya mengeluarkan dana sebesar Rp. 27 Miliar untuk 7000 PNS Polman setiap bulannya.

"Gaji PNS itu masuk ke rekening mereka masing masing setiap awal bulan paling lambat tanggal 5,  kami sisa menyalurkan saja," ungkapnya.

Sementara itu salah satu warga Polewali. Algi berharap APBD porsi anggarannya bisa lebih besar untuk belanja publik dan tidak hanya bersifat formalitas.

"Sebaiknya APBD harus betul-betul dirasakan masyarakat. Dengan demikian, masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan yang diprogramkan pemkab." jelasnya.

Laporan  :  Gazali

Editor      :  Sukriwandi

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Paling Populer

Football Live Scores

Standings provided by Polewali Terkinipolewaliterkini.net

loading...