SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018

Top 10 Google Trends

Enam Siswi SDN 001 Polewali Mengaku Beli Buku Tema
Buku Tema Yang Dibeli Siswa
POLEWALITERKINI.NET - Sejumlah siswa kelas 1, 2, dan 3 di SDN 001 Polewali, Kecamatan Polewali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, keluhkan pembelian buku tema atas suruhan oknum guru kelasnya. Kamis, 9 Maret 2017.

Salah satu orang tua siswa yang berpenghasilan rendah. Arif mengatakan, anaknya sudah membeli 18 buku selama bersekolah di sekolah dasar terkemuka di Polman ini.

"Semasa kelas 1 anakku beli 6 buku, sekarang kelas 3, jadi total buku yang dibelikan mamanya itu hampir 20 semuanya, pusing saya pak beli buku terus." Ujar Arif Kesal.

Lain halnya 6 siswi SDN 001 Polewali saat ditemui di kelasnya mengakui dirinya membeli buku tema berlogo PT. Intan Pariwara seharga Rp. 13 ribu di toko media ilmu yang tak jauh dari sekolahnya karena disuruh gurunya yang bernama Seremi.

"Disuru’ ka guru ku beli buku tema pak, semua teman ku juga beli buku tema di toko dunia ilmu dekat sekolah ku ji." Kata Enam Siswi SDN 001 Polewali saat ditemui. Kamis, 9 Maret 2017.

Sementara itu pemilik toko buku dunia ilmu yang juga penanggung jawab PT. Intan Pariwara. Zainuddin membantah kalau ada siswa membeli buku tema di tokonya melainkan yang dijual hanya buku pendamping.

"Buku tema itu milik pemerintah, tapi sekolah yang order kayak pesanan toko online, jadi nanti sekolah tinggal menunggu saja nanti kita yang antarkan, ada memang buku pendamping yang dijual tapi bukan buku tema." Tuturnya.

Untuk memastikannya pelaksana harian kepala sekolah SDN 001 Polewali. Muhammad ketika dikonfirmasi menjelaskan, bahwa pihak sekolah tidak pernah membenarkan pembelian buku tema kepada siswa karena itu sudah melanggar peraturan perundang undangan.

"Itu sebenarnya sudah melanggar, jumlah siswa disini 776 dari 23 rombel, tetapi kalau ilmu itu mahal apa sih artinya uang senilai Rp. 13 ribu rupiah, jadi kita terima saja, namun jika ada oknum guru seperti itu kita akan minta klarifikasinya, dan dirapatkan," ujar Muhammad.

Terpisah, Sekertaris Dinas Pendidikan Polman. Hamka Rasyid ketika dimintai keterangan menuturkan semua SDN dan SMPN di Polman tidak dibenarkan menyuruh siswanya membeli buku tema apapun alasannya.

"Semua siswa SD dan SMP harus mendapatkan buku tema secara gratis, buku LKS saja yang isinya lebih banyak soal daripada materinya siswa tidak bisa dipaksakan beli," Jelas Hamka Rasyid.(*)

0 komentar:

Post a Comment

PolewaliTerkini.Net

Berita Populer

loading...