SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018

Top 10 Google Trends

Abdul Karim, Mantan Camat Balanipa Polman
POLEWALITERKINI.NET – Mantan Camat Balanipa Abd. Karim ketika ditemui di Polewali, Mengatakan tahun depan warga kecamatan Balanipa khususnya di Desa Tammajarra dan Desa sekitarnya sudah bisa tidak bergantung pada beras miskin (Raskin) lagi.

Ini lantaran tanaman bawang merah jika berhasil panen satu hektar saja bisa mencapai 4 sampai 6 Ton dengan estimasi harga Rp. 25 ribu rupiah per kilo gram, jika diakumulasi rupiahnya dapat mencapai kurang lebih Rp. 1 Miliar.

Dikatakannya, hal ini bisa dicapai kalau pemerintah kabupaten khususnya Dinas Pertanian mau serius seperti pemerintah kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Sudah berkali kali kami kesana study banding melihat langsung sistim pertanaman bawang merah di  sebuah Desa di Enrekang, ternyata luar biasa diatas ketinggian 1000 Meter, air dipompa ke atas dan dialirkan ke pipa pipa dan ada bak penampung diatas bukit sehingga petani bisa pasang selang menuju kebunnya.” Katanya.

Di Balanipa sendiri berada diatas ketinggian kurang dari seratus meter dari permukaan laut dan memiliki sungai besar, yakni sungai mandar yang bisa dialirkan dari Pao pao atau Limboro melalui sistim perpipaan.

Panjang pipa sampai di Tammajarra itu sekitar 5 kilo meter dan Insha Allah bila ini terealisasi maka warga Balanipa bisa tidak lagi membutuhkan raskin, karena mereka bisa sejahtera dari hasil panen bawang merah yang melimpah.” Ujar Abd Karim.

Menurutnya, selama ini petani bawang merah di Balanipa masih terkendala air dan bila air sungai mandar dimanfaatkan melalui pipa maka peternakan kambing juga hasilnya akan meningkat karena pakan ternak otomatis akan tersedia.

Laporan  :  Burhanuddin Haruna

Editor      :  Sukriwandi

0 komentar:

Post a Comment

PolewaliTerkini.Net

Berita Populer

loading...