SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018

Komjen Pol Purn Jusuf Manggabarani mengurus SIM di Satuan
Pelaksana SIM Polrestabes Makassar, Jumat 11-03-2017. 
POLEWALITERKINI.NET – Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan hal wajib bagi setiap warga negara yang ingin mengemudi motor ataupun mobil. Tidak terkecuali bagi Komjen Purn Jusuf Manggabarani. Minggu, 12 Maret 2017.

Mantan Wakapolri itu terlihat laiknya masyarakat biasa turut lansung mengurus SIM di ruang Satuan Pelaksana SIM, Polrestabes Makassar, Jl Jenderal Ahmad Yani, Makassar, Sulawesi Selatan. Dikutip Tribunmakassar.com. Sabtu (11/03/2017).

Dengan mengenakan kemeja hitam bercorak putih, perwira tinggi pensiunan itu terlihat duduk tegap di hadapan petugas SIM yang melayani.

Terlihat di belakang kiri sang Komjend, berdiri seorang petugas berpangkat ajun komisaris polisi. Foto itu itu diabadikan oleh seorang petugas pelayanan SIM. Belum diketahui jenis SIM yang diurus oleh mantan Kapolda Sulawesi Selatan itu.

Penggolongan SIM C

Ada aturan baru, SIM untuk sepeda motor (C) akan diklasifikasikan layaknya SIM untuk mobil. Pengklasifikasian berdasarkan kapasitas mesin, bukan jenisnya.

SIM C diperuntukkan bagi pemilik sepeda motor dengan kapasitas mesin di bawah 250 cc, SIM C1 diperuntukkan bagi pemilik sepeda motor motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc, serta SIM C2 diperuntukkan bagi pemilik sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 500 cc.

Aturan mengklasfikasikan SIM C  merupakan tindak lanjut Peraturan Kapolri Nomor 09 Tahun 2012 pasal 28 mengenai masa SIM, lalu Kakorlantas Polri kembali mengeluarkan surat pembaruan dari Nomor ST/271/II/2015  menjadi Nomor ST/2652/XII/2015 pada 18 Desember 2015.

Peraturan ini resmi berlaku 1 Januari 2016.

Namun, penggantian SIM C sesuai golongan baru akan dimulai serentak Februari 2016 hingga April 2016.

Nah, bagaimana cara mendapatkan SIM C tersebut?

Sama seperti biasanya.

Mengacu pada Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, untuk mendapatkan SIM, setiap orang harus memenuhi persyaratan usia, administratif, kesehatan, serta lulus ujian teori dan praktik).

Pemilik SIM C1 harus berusia minimal 18 tahun dan SIM C2 berusia minimal 20 tahun.

Untuk mendapatkan SIM C1 maka harus terlebih dahulu memiliki SIM C, sementara untuk mendapatkan SIM C2 maka harus memiliki SIM C1.

Sesuai dengan surat pembaruan Nomor ST/2652/XII/2015 tersebut maka perpanjangan SIM dapat dilaksanakan sebelum habis masa berlakunya dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis masa berlaku.

SIM yang habis masa berlakunya, dapat diperpanjang tidak melebihi batas waktu tiga bulan terhitung sejak tanggal habis masa berlakunya.

Perpanjang SIM Online

Bagi warga yang ingin memperpanjang surat izin mengemudi atau SIM secara online, Anda bisa datang ketempat pembuatan SIM. Cukup membawa e-KTP dan SIM lama.

Anda bisa datang di tempat pembuatan SIM terdekat.
Tarif resmi pembuatan SIM yang telah ditentukan yakni SIM A baru Rp. 120.000, SIM A perpanjangan Rp. 80.000, SIM C baru Rp. 100.000 dan SiM C perpanjangan Rp. 75.000.

Bagi pemohon yang akan melaksanakan uji kompetensi untuk mendapatkan SIM, agar terlebih dahulu mempersiapkan diri dengan mempelajari peraturan lalu lintas, dan etika dalam berlalu lintas sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.(*)

0 komentar:

Post a Comment

PolewaliTerkini.Net

Berita Populer

loading...