SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018

Top 10 Google Trends

Pasien Antri di Puskesmas Pekkabata Menunggu dokter
POLEWALITERKINI.NET – LBH – Sulawesi Barat kembali menyorot Pelayanan Puskesmas Pekkabata, Kecamatan Polewali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Hal ini dikarenakan, dokter terlambat masuk pada saat jam kerja. hingga pukul 08.30 wita belum satupun dokter umum yang masuk padahal jadwal buka puskesmas pukul 08.00 wita.

Ketua LBH – Sulbar. Abdul Kadir S.H beranggapan bahwa pemeriksaan pasien biasanya dilakukan hanya sampai pukul 12.00 wita saja. maka waktu pemeriksaan pasien hanya beberapa jam. Selain itu keluhan masyarakat mayoritas tentang lambatnya dokter yang datang memeriksa pasien.

Dia pun meminta Kepala Puskesmas Pekkabata agar menegur para dokter yang  datang terlambat untuk memeriksa pasiennya.

"Bagaimana mau pelayanan prima kalau seperti ini, kalau ada pasien yang gawat sedangkan dokter datang terlambat, siapa yang bertanggung jawab.” Tegasnya. Kamis 16 maret 2017.

Abdul Kadir menambahkan, sepatutnya pembangunan puskesmas, dibarengi dengan pelayanan maksimal bagi masyarakat. apalagi puskesmas ini sudah melayani pasien rawat inap.

"Saya sendiri yang mengalami ketika ingin berobat disana, di Polman ini sudah ada dokter Internship yang menjadi harapan untuk perbaikan sistem kesehatan di Indonesia. disamping bertujuan untuk menjaga kualitas kompetensi dokter, program dokter intership juga diproyeksikan untuk meratakan distribusi tenaga dokter di daerah yang bermasalah kesehatan." Ujarnya.

Kepala Puskesmas Pekkabata, drg Chairiyah ketika dikonfirmasi mengatakan, keterlambatan dokter masuk kerja bukan karena disengaja tetapi bertepatan  pemeriksaan kondisi kesehatan manasik haji di Masjid Syuhada.

"dokter terlambat karena disana ada pemeriksaan haji di Syuhada, dan kegiatan itu juga tidak rutin, ada jadwalnya, sehingga jika ada dokter yang terlambat patut dimaklumi." ujarnya.

Selain itu, Chairiyah menjelaskan dokter internship yang masuk ke Polman berjumlah 12 orang namun tugasnya terbagi ke puskesmas lain yang kekurangan dokter.

"Mereka para dokter internship berasal dari daerah Lampung, enam orang tugas di rumah sakit sementara enam lainnya bertugas di puskesmas yang minim dokter, jadi tidak selamanya menetap menangani pasien di Puskesmas Pekkabata." jelasnya.

Laporan  :  Z Ramdhana

Editor      :  Sukriwandi

0 komentar:

Post a Comment

PolewaliTerkini.Net

Berita Populer

loading...