SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018

Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sulbar. Lukman Umar
Enam Siswi SDN 001 Polewali Mengaku Beli Buku Tema 
Buku Tema Yang Dibeli Siswa
POLEWALITERKINI.NET – Terkait keluhan pembelian buku tema sejumlah siswa kelas 1, 2, dan 3 di SDN 001 Polewali, Kecamatan Polewali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, atas suruhan oknum guru ditanggapi Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Barat. Jumat, 10 Maret 2017.

Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Barat. Lukman Umar mengatakan, pembelian buku bagi siswa yang tak masuk tanggungan dalam penganggaran Dana BOS tentu tak menyalahi aturan selama pihak orang tua siswa tidak keberatan.

Kalau beli buku lalu kemudian buku itu memang tidak termasuk yang ditanggung mungkin DANA BOS ia mungkin kenapa tidak yang penting kerelaan orang tua siswa saja. Tapi begitu sifatnya wajib dan dia bagian dari Dana BOS tetap itu bagian dari Pungli.” Kata Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Barat. Lukman Umar. Jumat, 10 Maret 2017.

Lukman Umar tegaskan, bahwa sepanjang buku tema itu wajib tentu tak diperbolehkan diperjualbelikan karena itu berindikasi dugaan pungli. Meski dia menyadari bahwa persoalan SDN 01 Polewali masih perlu melakukan kajian data karena masalah hukum.

Jadi sepanjang itu buku wajib tidak boleh di jualbeli, dan itu ada dugaan Pungli. Kan saya tidak menyaksikan ini jadi saya tidak boleh gegabah untuk menentukan itu pungli atau tidak, bicara Hukum kita harus bicara data dan fakta.” Tegas Lukman Umar.

Terkait pungutan uang perpisahan sebesar Rp. 150 Ribu per siswa Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Barat mengatakan, pungutan sebesar itu jika dilakukan oleh komite sekolah dan disepakati orang tua siswa tentu bisa dipertanggung jawabkan dan jika sebaliknya tentu harus ditelusuri.

Ia kalau lewat Komite Sekolah ada berita acaranya dan seterusnya ia itu mungkin masih istilahnya ada yang bertanggung jawab. Tapi kalau tidak ada yang seperti itu ia itu perlu ditelusurilah.” Tutup Lukman Umar.(*)

0 komentar:

Post a Comment

PolewaliTerkini.Net

Berita Populer

loading...