SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018

Kiri, Foto Fb Edy Wibowo dan Kanan, Foto Fb
Darwin Badaruddin
POLEWALITERKINI.NET - Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DLHK) Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mengusul pengadaan lahan Tempat Pembuangan Sampah Sementara ( TPS ).

Kepala DLHK Polewali Mandar. Edy Wibowo, menjelaskan bahwa pihaknya tengah mengusulkan pembelian lahan sebagai tempat pembuangan sementara sebelum sampah tersebut diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada di Desa Amola, Kecamatan Binuang, Polman.

"Kita telah usulkan tempat untuk motor-motor sampah yang mengambil sampah didalam kota ini ditampung sementara di tempat pembuangan ini nantinya baru kemudian dibawa oleh mobil ke tempat pembuangan akhir" Kata Edy Wibowo.

Tempat Pembuangan Sampah Sementara sebagai tempat transit  sebelum ke TPA, sudah diusulkan ditempatkan di Lingkungan Sarampu Kecamatan Binuang. Dia juga menyampaikan saat ini motor-motor sampah menggunakan jalur alternatif di jalan baru sebagai lokasi pengisian dari bak motor sampah lalu di masukkan ke kontener.

"Jalan baru saat ini sedang dalam tahap proses pengerjaan jika sudah di aspal otomatis harus ada lahan yang siap sebagai tempat transit, dan kita telah usulkan di Sarampu." Ujar Edy.

Selain itu aktivitas motor sampah di jalan baru yang tak jauh dari kantor DLHK ini terkadang menggangu pengguna jalan sebab bau sampah, kemudian petugas sampah juga usai memindahkan sampahnya mencuci motor sampah mereka di aliran irigasi yang memotong jalan tersebut.

"Hal ini dapat membahayakan petani lantaran air yang ditimbulkan dari pencucian tercemar dan zat kimia dari air pencuciannya tersebut juga dapat menganggu kesehatan yang dapat membuat sumber air bersih warga sekitar tercemar." Kata Edy.

Dengan adanya tempat pembuangan sampah ini, sampah-sampah yang ada di bak sampah tidak lagi menumpuk karena jika bak sampah penuh akan langsung dibawah ke tempat pembuangan akhir.

"Ditempat ini sampah hanya sebentar saja karena sesudah itu langsung diangkut oleh mobil sampah yang khusus ke TPA sehingga aroma tidak sedap yang ditimbulkan tidak mengganggu masyarakat sekitar." Tutup Edy.

Laporan  :  Z Ramadhana

Editor      :  Sukriwandi

0 komentar:

Post a Comment

PolewaliTerkini.Net

Berita Populer

loading...