SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018



PERINGATAN...! "Pasang CCTV sebelum terlambat..."

< (( RAMADHAN COME AGAIN..! )) >

14/03/17

Divisi Data Informasi dan Hubungan Antar Lembaga
KPU Polman. Usman Said Umar
Proses Pembukaan Kotak Suara di KPU Polman
Kotak Suara di KPU Polman Siap Dibuka
Tampak Petugas KPU Polman Membuka Data 
POLEWALITERKINI.NET – Atas permintaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat. Pihak KPU Polman Kabupaten Polewali Mandar, membuka kotak suara berkaitan sengketa Pilkada Gubernur  Sulbar 2017 yang sedang bergulir di Mahmakah Konstitusi (MK) RI. Selasa (14/03/2017).

Sebelumnya sebagai pemohon Paslon Nomor 1 SDK - KALMA dalam Pilgub Sulawesi Barat 2017 melayangkan gugatan ke Mahkamah konstitusi  (MK) dengan nomor Register 13/PHP.GUB-XV/2017terkait  adanya sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) dimana jadwal sidang pertama. Jumat, 17 Maret 2017 sekitar pukul 09.00 WIB.

Divisi Data Informasi dan Hubungan Antar Lembaga KPU Polman. Usman Said Umar mengatakan, pembukaan kotak suara ini didasari adanya penyampaian dari KPU Provinsi Sulawesi Barat, terkait adanya sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP).

Gugatan ini tengah bergulir di MK RI di Jakarta. Selain itu KPU membuka kotak suara berdasarkan PKPU Nomor 11 tahun 2012 Pasal 71 bahwa diperbolehkan KPU membuka kotak suara dalam hal menyiapkan bukti adanya sidang PHP di Mahkamah konstitusi.

Atas dasar dan aturan itu sehingga kita membuka kotak suara itu dan kita disini terbuka karena berdasarkan PKPU itu kita membuka kotak suara harus  berkoordinasi dengan Panwas Kabupaten dan petugas yang ada untuk hadir menyaksikan pembukaan kotak suara.” Terang Usman Said Umar. Selasa (14/03/2017).

Dalam pembukaan kotak suara lanjut Usman Said Umar, pihak KPU tidak menjamin selesai satu hari sebab penyelenggara harus merujuk pada keterangan dan penjelasan yang diminta.

Kalau dilihat dari delik aduan yang ada,  hampir semua di TPS di Kabupaten Polman ini masuk dalam materi gugatannya, dapat kita lihat yakni mempermasalahkan persoalan suket.” Kata Usman Said Umar.

Menyoal terkait SUKET yang masuk Pemilih DPTB (Tambahan), maka pihak KPU akan mencari semua ATB yang tersebar ditiap TPS. Sementara untuk Pemilih Ganda, pihaknya kemungkinan hanya membuka sekitar 600 lebih TPS.

Kemungkinan sekitar 600 TPS akan di buka Terkait Pemilih Ganda, maka yang pertama kita akan buka yakni kotak yang berada di 3 per kecamatan itu, kalau memang bukti buktinya tidak kita temukan di 3 kecamatan itu maka otomatis kita akan membuka semua TPS yang ada untuk mencari C7 dengan ATB itu.” Ungkapnya.

Jadi mudah-mudahan prosedur untuk  pengisian Formulir C7 dan ATB itu dilakukan  oleh oleh PPS  sehingga kita hanya akan melakukan atau membuka 3 TPS Per Kecamatan.” Jelasnya.

"Yang jelas kalau kita memperhatikan surat dari KPU Provinsi yang masuk jelas Foto Copynya yang akan kita bawa dan aslinya kita simpan. Makanya alat bukti yang kita ambil ini kalau C1 Plano kita Foto dan yang lain nanti kita liat apakah di Scan langsung atau di Foto Copy itu kita liat nanti.” Kata Usman Said Umar

Menurut Bidang Divisi Data ini, yang dibutuhkan KPU adalah ada C1 kemudian C1 Plano, C7 A3, A4 termasuk A5 dan kemungkinan besok akan dikirim.

Seusai dengan jadwal yang diterima sidang perdananya itu rencana tanggal 17 Maret 2017 sekitar pukul 09.00 wita dan yang menjadi materi gugatan di MK adalah lebih cenderung yang kami perhatikan pertama terkait Data Ganda yang kedua adalah Pemilih Pengguna  Suket dan sebenarnya sudah ada rekomendasi dari Bawaslu tentang Data Ganda.

Laporan  :  Erwin Setiawan

Editor      :  Z Ramadhana

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Paling Populer

Football Live Scores

Standings provided by Polewali Terkinipolewaliterkini.net

loading...