SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018



PERINGATAN...! "Pasang CCTV sebelum terlambat..."

< (( RAMADHAN COME AGAIN..! )) >

09/04/17



POLEWALITERKINI.NET - Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, pertanyakan dan meminta Pemerintah Daerah (PEMDA) Polewali Mandar segera melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) bersamaan dengan Kabupaten lain yang ada di Sulawesi Barat.

Hal ini disampaikan beberapa  perwakilan APDESI Polman dan para mantan kepala desa dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama para anggota Komisi I dan dipimpin Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Polewali Mandar, di ruangan Aspirasi. Jumat (07/04/2017).

Kedatangan Apdesi dan para mantan kades ini diterima langsung oleh Wakil Ketua II DRPD Polman, Amiruddin bersama Wakil Ketua Komisi I, Abdul Muin dan diarahkan langsung menuju keruangan Apsirasi.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) tersebut Bidang Humas APDESI Polman, Edi Hartono mengungkapkan kedatangannya meminta penjelasan kepada para anggota dewan tentang rencana pemilihan kepala desa yang ada di polman. Pasalnya hingga tahun 2017 belum ada juga tanda-tanda tahapan akan dilangsungkan Pilikades.

Kedatangan kami ini  di DPRD Polman, untuk mempertanyakan tentang rencana Pikades, kenapa daerah kita sampai saat ini belum juga melakukan Pilkades sedangkan Kabupaten lain sudah melakukan tahap proses pemilihan kepala desa.” Ungkap Edi Hartono.

BACA : BANTAH TAK BAHAS ANGGARAN PILKADES...! INI KATA WAKIL KETUA II DPRD POLMAN...

Dalam amanat UUD 1945 lanjut dia, 1 periode itu 6 tahunan dan maksimal 3 kali melakukan pemilihan, artinya per 2 tahun itu dihelat pilkades. Kata dia, harusnya sudah masuk 1 periode karena tak lama lagi akan dilakukan pilkada polman, itu berarti 2017 sudah harus melakukan Pilikades.

Sebab Pilikades pertama kita sudah lakukan pada tahun 2015, artinya kita sudah masuk diaturan tersebut, nah kalau tidak dilaksanakan berarti kita tidak ikut diaturan yang berlaku dan artinya kabupaten polman ini mundur.” Ujar Edi Hartono.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi I DPRD Polman, Abdul Muin mengatakan, sangat merespon kedatangan para APDESI Polman dan Mantan Kades untuk mempertanyakan soal pemilihan kepala desa di Kabupaten Polman.

Ini memang kami sudah tunggu sebab kami juga merasa agak risih dan bertanya tanya kok Pemerintah Kabupaten belum mengusulkan dan membahas tentang Pilkades, apalagi ini waktunya sudah sampai.” Ungkapnya.

Dalam Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) Pemerintah Kabupaten Polman, tak memasukkan usulan anggaran, berarti tahun ini tidak akan ada pemilihan.

loh! Kenapa bisa sedangkan waktunya sudah sampai dan ini juga perlu kita pertanyakan makanya secepatnya juga kita akan melakukan pemanggilan terhadap dinas terkait tentang hal ini.” Ucapnya.

Menurut legislator Partai PAN, sebelumnya sudah pernah berbincang dengan Bapak Bupati Polman, tentang Pilkades.

Kenapa tidak kalau memang waktunya untuk Pilkades ya, kita langsungkan pemilihannya.” Ungkap Legislator PAN mengutip kata Bupati.

Ini biasanya saya liat bawahanya itu tidak pandai membaca Bupatinya, padahal menurut regulasi itu per 1 periode kita lakukan pemilihan 3 kali, nah ini kita tidak lakukan.” Katanya.

Dia tambahkan, jika pada tahun 2017 nanti Pemerintah kabupaten Polman tidak melakukan Pemilihan Kepala Desa berarti pemkab sudah keluar dari aturan yang ada.

Kalau kita mau ikut aturan tahun ini harus kita lakukan Pemilihan Kepala Desa, kalau persoalan anggaran pasti akan ada jalan. Pilkades tahun lalu pun menggunakan dana talangan ini kenapa tidak kalau memungkinkan.” Ujarnya.

Laporan : Erwin Setiawan

Editor     :  Sukriwandi

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Paling Populer

Football Live Scores

Standings provided by Polewali Terkinipolewaliterkini.net

loading...