SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018



PERINGATAN...! "Pasang CCTV sebelum terlambat..."

< (( RAMADHAN COME AGAIN..! )) >

22/04/17

Kepala SLB Negeri Pembina Sulbar,  Memperlihatkan
Blangko Ijazah Kepada Asisten Ombudsman Sulbar

POLEWALITERKINI.NET – MAMUJU – Setelah melalui proses pemeriksaan dan klarifikasi oleh Ombudsman RI Perwakilan Sulbar, terkait Laporan penundaan penerbitan Ijazah Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Barat, akhirnya diterbitkan April 2017.

Penundaan penerbitan ijazah siswa SLB Pembina Sulbar, bermula pada tahun 2013 lalu menyebabkan sejumlah orang tua siswa resah dan melaporkan kejadian tersebut ke Ombudsman Sulbar, karena sudah memasuki tahun 2017 ijazah belum juga diterbitkan.

Bahkan pada saat mendaftar ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) para siswa hanya menggunakan surat keterangan kelulusan dari Kepala Sekolah. Atas hasil koordinasi Pihak Ombudsman dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Mamuju para siswa yang sudah duduk ditingkat SMP akhirnya bisa mengikuti Ujian Nasional.

Kepala SLB Negeri Pembina Sulbar, Ishaq, S.Pd saat mendatangi Kantor Ombudsman Sulbar menyampaikan bahwa ijazah siswanya telah diterbitkan sambil memperlihatkan bukti sejumlah blangko ijazah.

Kami sudah terima itu blangko ijazah pak, untuk siswa SLB Pembina angkatan 2013 - 2015 yang sempat tertunda penerbitan ijazahnya, dan saat ini kami sementara melakukan penulisan ijazah, selanjutnya dalam waktu dekat kami akan serahkan langsung ke masing-masing siswa, dan rencananya penyerahan ini kami berharap bisa disaksikan langsung oleh pihak Ombudsman sulbar dan orang tua siswa.” Terang Ishaq. Kamis (21/04/17).

Asisten Ombudsman Sulbar, Sukriadi Azis mengatakan, sejak menerima laporan awal 2017 lalu berjanji untuk menuntaskan kasus ini, dia menilai  ini tindakan maladministrasi berat dan berpotensi tindak pidana pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Alhamdulillah kasus ini bisa diselesaikan dengan baik dan kami juga mengapresiasi respon pihak Dinas Pendidikan Sulbar yang sangat pro aktif melakukan koordinasi kepada Kementrian Pendidikan dan segera melakukan penerbitan ijzah.” Kata Sukriadi Azis.

Mengetahui kabar tersebut, salah seorang siswa Edi Aswar, mengapresiasi kerja semua pihak sehingga penerbitan ijazah bisa selesai.

Alhamdulillah jadi mi ijazahku pak, terimah kasih kepada Ombudsman Sulbar, Dinas pendidikan sama kepala sekolahku juga.” Ujar Edi Aswar    

Sementara itu, Kepala Perwakilan Ombudsman  RI Sulbar, Lukman Umar mengatakan, kasus ini pertamakali  terjadi di Indonesia, dan ia berharap kedepan tidak terulang kembali, bahkan secara tegas Lukman meminta pengelola pendidikan di Sulawesi Barat agar memperhatikan pelayanan pendidikan kepada anak berkebutuhan khusus.(*Humas Ombudsman Sulbar/polewaliterkini.net)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Paling Populer

Football Live Scores

Standings provided by Polewali Terkinipolewaliterkini.net

loading...