SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018


POLEWALITERKINI.NET – Sidang Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) Gubernur Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), hari ini kembali bergulir di MK dalam agenda mendengarkan keterangan saksi/ahli pemohon, termohon, pihak terkait, bawaslu dan panwas.

Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan jadwal sidang PHP dengan nomor register 13/PHP.GUB­XV/2017. Jumat, 7 April 2017 pukul 9.00 WIB di Panel 1 ruang sidang MK Jakarta, sebagaimana tertuang dalam situs resmi MK.

Koordinator media SDK­Kalma Hajrul Malik yang dihubungi media ini. Senin (3/4/2017) menegaskan, dengan lanjutnya sidang PHP Gubernur Sulbar ketahapan berikutnya, telah mematahkan opini sebagian orang yang menganggap bahwa perkara akan ditolak saat sidang dismisal (putusan sela).

Selain itu ujar Hajrul, sebagai pihak pemohon, pasangan SDK­Kalma sudah menyiapkan 15 saksi dari berbagai elemen masyarakat yang akan menguatkan gugatan pemohon.

Soal isi kesaksian di MK nanti saja kami beberkan usai sidang. Yang kami mau bilang, jika ada yang sesumbar sengketa hanya sampai di sidang dismisal itu tidak benar. Terbukti, MK melanjutkan kasus ini hingga mengeluarkan putusan inkra,” ujar Hajrul yang juga Sekum DPD PKS Sulbar itu.

Sementara itu, Suhardi Duka (SDK) selaku pihak pemohon menilai, dalam sidang lanjutan PHP pilgub Sulbar itu, hakim MK ingin membuktikan gugatan pemohon dengan menghadirkan saksi, ahli dan saksi lainnya terhadap materi gugatan yang diajukan.

Kata SDK, PHP ini adalah bagian dari proses demokrasi yang seharusnya berjalan sesuai koridor hukum.

Bukan persoalan kalah menang, tetapi benar dan sesuai aturan atau tidak proses demokrasi yang berlangsung 15 Februari 2017 kemarin,” ucap mantan bupati Mamuju 2 periode itu.
Sekadar diketahui, selain gugatan pilgub Sulbar, hakim MK juga akan menyidangkan 6 sengketa pilkada dengan agenda yang sama diantaranya PHP bupati Maybrat, PHP walikota Yogyakarta, PHP bupati Gayo Luwes, PHP bupati Salatiga, PHP bupati Bombara dan PHP bupati Takalar.(*sr/pt/w)

0 komentar:

Post a Comment

PolewaliTerkini.Net

Berita Populer

loading...