SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018

Operasi Yustisi Nyasar Pajak Kendaraan Bermotor
POLEWALITERKINI.NET – Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL-PP) Provinsi Sulawesi Barat, gelar operasi Yustisi dalam rangka penegakan Perda Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah. Puluhan warga pun di Polewali Mandar terjaring. Kamis (20/04/2017).

Puluhan warga pemilik kendaraan roda 2 dan 4 namun lalai membayar pajak kendaraan langsung ditindak ditempat. Alasannya, pihak Provinsi dalam Operasi Yustisi yang berlangsung di Jalan Poros Lantora – Polewali, depan kantor BKD Polman, melibatkan Satuan Polisi-PP, pihak Kepolisian, Kejaksaan dan Samsat UPTD Polewali Mandar.

Warga yang terjaring karena kelalaian langsung  diarahkan ke aula kantor BKD Polman untuk melunasi pajak kendaraannya. Di ruangan itu staff Samsat Polman serta kejaksaan, Anggota Polri serta Satpol PP memberikan pelayanan dan pemahaman kepada warga yang terjaring razia.”

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sulawesi Barat,  M. Ilham. B yang memimpin operasi yustisi mengatakan, ini adalah operasi penegakan Perda Nomor I Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah.

"Operasi ini bukan untuk memeriksa kelengkapan kendaraan karena itu wewenang kepolisian namun dalam operasi ini tetap melibatkan kepolisian berdasarkan undang-undang jalan raya, bahwa kewenangan memberhentikan kendaraan adalah kepolisian." Kata M. Ilham. B.

Bahkan sejumlah masyarakat yang terjaring namun tak membayar pajak langsung karena tak membawa uang petugas melakukan penyitaan STNK. Dengan operasi ini lanjut dia, diharapkan masyarakat taat membayar pajak.

Dia menambahkan, Operasi Yustisi yang menyasar pajak daerah ini akan terus digalakkan dan dilaksanakan di 6 Kabupaten di Sulawesi Barat.

Sementara Kasi Pidum Kejari Polman, Sugiarto mengatakan, keterlibatan Kejari dalam operasi ini sebatas memantau dan memberikan himbauan kepada masyarakat agar yang terjaring taat dalam membayar pajak.

Kali ini petugas gabungan masih memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan untuk kedepannya itu pelanggar akan sidang di tempat dan untuk denda kurungannya itu cukup lama, yakni 1 tahun.” Ungkap Sugiarto.

Laporan  :  Roy/Z Ramadhana

Editor      :  Sukriwand

1 comment:

  1. Kurungan?!? Apa perdanya tidak bertentangan dgn perundang2an???

    ReplyDelete

PolewaliTerkini.Net

Berita Populer

loading...