SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018

Cara Mengatasi Serangan Monyet Liar
POLEWALITERKINI.NET – Bagi sebagian orang monyet atau kera menjadi hewan yang lucu dan menarik. Tapi tidak bagi petani yang tinggal dipegunungan, monyet menjadi hama perusak. Saat musim kemarau atau saat makanan dipegunungan menipis.

Kondisi menipisnya stok makanan ini membuat gerombolan monyet/kera akan turun gunung ke pemukiman atau lahan pertanian mencari makanan. Karena monyet memiliki karakteristik mampu memperoleh bahan makanan dari apapun yang ada di lingkungannya (oppoturnistik omnivore), ladang petani menjadi sasaran empuk.

BACA SERANGAN MONYET DI POLMAN : http://www.polewaliterkini.net/2017/04/petani-merugi-gerombolan-monyet-serang.html

Monyet liar dibeberapa daerah juga memiliki karakteristik pemberani. Ketika di dekati manusia, mereka hanya menjauh sebentar kemudian kembali lagi. Di Kabupaten Wonogiri, monyet bahkan menyerang pemukiman padat penduduk yang berjarak satu kilometer dari pegunungan.

Biasanya petani mengatasi hama monyet tersebut dengan menangkapnya. Tapi itu tak selesaikan masalah. Di tangkap satu, kawanan lainnya tetap menyerang. Berbagai cara membasmi hama monyet pun sudah dilakukan. Ketika mencoba cara mengusir monyet liar dengan makanan yang sudah diracun, monyet tak mau mendekat. Pintar dan cerdas.

Tak hilang akal, ada cara mengusir monyet liar yang dilakukan oleh sebagian petani di Kab. Wonogiri dalam pengendalian hama monyet. Cara lokal ini cukup unik. Ada dua cara yang Gagas Pertanian temukan dari petani di Wonogiri:

1. Cara Monyet Badut

Sebutan Monyet Badut hanyalah sebutan Gagas Pertanian, karena memang membuat monyet seperti badut untuk mengusir kawanan monyet. Caranya adalah sebagai berikut:

Siapkan perangkap monyet beserta umpannya.
Usahakan tangkap satu ekor monyet.
Cat monyet tersebut dengan warna belang-belang putih dan hitam. Bisa menggunakan cat tembok atau cat lainnya.

Saat kawanan monyet datang menyerang, lepaskan “MONYET BADUT” (Monyet Yang Sudah di Cat). Biasanya kawanan yang menyerang ladang yang sama adalah kawanan yang sebelumnya menyerang.

Artinya monyet yang ditangkap adalah anggota kawanan tersebut. Secara naluri, monyet badut akan berlari kembali ke kawanannya. Tapi kawananya akan ketakutan karena mereka menganggapnya sebagai monyet aneh. Monyet badut mengejar, kawanan takut lari tunggang langgang. Monyet badut dianggap ancaman dan musuh. Dampaknya kawanan menjadi kapok kembali ke ladang. Ternyata cara ini cukup berhasil.

2. Cara Kotoran Ayam

Caranya adalah sebagai berikut:

Siapkan kotoran ayam yang masih basah. Bisa didapat dari peternakan ayam.
Tebarkan kotoran ayam yang masih basah di jalur yang biasa dilewati oleh gerombolan monyet. Monyet ternyata tidak menyukai bau kotoran ayam ini.

Sebagian petani menyatakan monyet yang menginjak kotoran ini akan jera untuk datang di lokasi yang sama.

Kedua cara tersebut merupakan cara sederhana yang dilakukan beberapa petani dalam mengatasi serangan hama kera. Silahkan dicoba.

0 komentar:

Post a Comment

PolewaliTerkini.Net

Berita Populer

loading...