SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018



PERINGATAN...! "Pasang CCTV sebelum terlambat..."

29/04/17

Distanak Polman, tolak Lahan Persawahan Sulewatang
di Alih Fungsikan Jadi Lokasi Perumahan  
POLEWALITERKINI.NET – Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menolak memberikan rekomendasi izin alih fungsi lahan pertanian (Sawah) di Kelurahan Sulewatang Kecamatan Polewali. Sabtu (29/04/2017).

Meski lahan pertanian tersebut telah ditimbun oleh pengembang perumahan BTN, namun Distanak menolak memberikan rekomendasi karena lahan tersebut merupakan lahan produktif yang dilindungi.

"Sesuai dengan perencanaan tata ruang dengan Balitbangren salah satunya itu termasuk, teman-teman juga sudah turun dan melihat titik koordinat itu tidak bisa." Kata Basir Halim Kepala Distanak Polman.

Dalam satu daerah itu tidak semua lahan dilindungi, seperti di pinggir jalan Kartini yang pinggir jalan itu bisa dialih fungsikan namun sepuluh meter kebelakang itu tidak bisa karena harus dipertahankan dan tidak boleh di alih fungsikan. 

Dalam surat rekomendasi yang diterbitkan Distanak disebutkan bahwa berdasarkan survey lapangan menindakanjuti surat permohonan izin alih fungsi lahan USMAN M dengan nama perusahaan PT. MAMBULILLING INDAH UTAMA hasilnya tak dibenarkan.

Lokasi persawahan yang beralamat di kelurahan Sulewatang, tim tehnis Distanak, yakni lahan tersebut sebelah Utara saluran irigasi, sebelah timur berbatasan dengan tanah milik H. JAMIR, sebelah Selatan jalan, sebelah barat tanah milik pak Asri, dengan luas 8.578 bujur sangkar, berdasarkan hasil survey tanah tersebut tidak dibenarkan untuk dialih fungsikan kelahan non pertanian.” Katanya.

Penolakan tersebut berdasarkan Undang-undang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan berkelanjutan nomor 41 tahun 2009, adanya Perda Kabupaten Polman nomor 2 tahun 2013 tentang rencana tata ruang wilayah kabupaten Polewali Mandar tahun 2012 hingga tahun 2032, lahan tersebut berada disamping saluran irigasi sekunder yang akan mempengaruhi sawah disekitarnya.

Penimbunan lahan pertanian yang hanya berjarak beberapa meter tersebut dari kantor kelurahan Sulewatang sudah hampir rampung, tampak bul doser diatas lahan tersebut yang meratakan timbunan.

Laporan  :  Roy/Z Ramadhana

Editor      :  Sukriwandi

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Paling Populer

Football Live Scores

Standings provided by Polewali Terkinipolewaliterkini.net

loading...