SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018

Yustan Wahyudi Lakukan Pendampingan Terhadap
Pasien Miskin di Polman
POLEWALITERKINI.NET - Sikap peduli terhadap kaum marjinal (MARGINAL) diwujudkan secara nyata oleh YUSTAN WAHYUDI sosok Mahasiswa Fakultas Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah (UNISMUH) Makassar, Sulawesi Selatan, asal Campalagian, Polman, Sulbar.

Ia menjadi paradoks di tengah-tengah sikap skeptis masyarakat umum yang meyakini biaya berobat di rumah sakit pasti mahal.

Banyaknya kasus penolakan dan keadaan pasien yang tak mampu bertahan saat dirujuk dan menjalani rawat inap di rumah sakit karena faktor biaya, seakan meluluhkan hatinya melakukan kegiatan sosial sukarela tanpa pamrih demi meringankan beban pasien miskin.

"Biasanya pasien tidak mampu ini mengeluhkan biaya hari harinya saat di opname atau ketika dirujuk, disitulah keluarga mereka kadang menjerit dengan biaya makan, transportasi dan lainnya." Kata Yustan Wahyudi. Sabtu (15/04/2017).

BACA : Bocah Penderita Hydrocypalus di Pulau Salama Butuh Uluran Tangan

Bak seorang pahlawan di film film layar lebar, YUSTAN WAHYUDI memberitahu perawat supaya menghubungi dirinya jika ada pasien miskin kekurangan biaya serta memajang nomor handphone selulernya di sejumlah ruang perawatan di RSUD POLMAN supaya mudah dihubungi.

"Saya pernah ditelepon perawat atau keluarga pasien saat larut malam, mau apalagi sudah resiko saat itu juga saya bergegas ke rumah sakit, dan Insha Allah saya akan bantu paling tidak bisa meringankan bebannya." Ujar Yustan Wahyudi.

BACA : Tumor Ganas...! Nangis Kesakitan Hingga Larut Malam...! Salsakiyyah Tunggu Uluran Tangan Dermawan...

Konsekuensi dari langkah sosial yang ditempuhnya selama hampir 4 bulan ini , ia rela menjual barang kesayangannya agar niatnya tercapai dapat membantu meringankan beban pasien miskin.

"Sudah 2 unit laptop dan dua HP saya jual kak, apa boleh buat dari pada pasien ini mengurungkan niatnya dirujuk ke Makassar lantaran biaya, tapi kadang juga saya bermohon ke bagian Kesejahteraan Rakyat (KESRA) Pemkab Polman dan jika dibantu berapapun nominalnya saya serahkan langsung ke pasien tanpa potongan." Ujarnya.

Kepada polewaliterkini.net juga mengaku bukan berasal dari Partai atau sedang menjadi Caleg. di balik ketenarannya, YUSTAN WAHYUDI justru tidak menyombongkan diri bahwa apa yang dia lakukan adalah berawal dari niat tulus menolong pasien yang tak mampu berobat karena faktor ekonomi.

"Saya berharap Pemkab Polman dapat membangun rumah singgah bagi keluarga pasien yang dirujuk di Makassar, kendala utama pasien menolak dirujuk selain faktor biaya juga karena tidak adanya tempat tinggal bagi keluarganya, apalagi penjaga pasien dibatasi hanya dua orang, jadi kalau rumah singgah ini ada keluarga pasien dapat bergantian menjaga."  Tandas Yustan Wahyudi, saat ditemui. Minggu 16 April 2017.

Laporan  :  Z Ramadhana

Editor      :  Sukriwandi

0 komentar:

Post a Comment

PolewaliTerkini.Net

Berita Populer

loading...