SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018



PERINGATAN...! "Pasang CCTV sebelum terlambat..."

< (( RAMADHAN COME AGAIN..! )) >

21/04/17



POLEWALITERKINI.NET – Pihak Kepolisian Resort Mamasa, merilis hasil Operasi Tangkap Tangan (OTT) tindak Pidana Politik Uang Pilkades serentak di Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat.

Kapolres Mamasa AKBP HANNY ANDHIKA, SIK, SH, MH didampingi Kasat Reskrim AKP YAN KASMARIYANTO, Kanit Tipikor IPTU DEDI, Ketua Panitia Pilkades Serentak Kabupaten Mamasa, MUH. AMIN, Ketua Panitia Pilkades Tingkat Desa, BERNABES dan Tim OTT membeberkan hasil OTT Money Politics Pilkades Serentak.

Berawal pada hari Rabu, 19 April 2017 sekitar pukul 16.00 wita, Tim Saber Polres Mamasa mendapatkan informasi akan terjadi penerimaan uang dari salah satu Calon Kepala Desa di Kecamatan Tawalian, Kabupaten Mamasa yaitu Calon Kades Tawalian Timur, MARKUS DEMANONGKANG.

Uang tersebut kemudian diberikan kepada JONI dimana Uang yang diterima selanjutnya untuk dibagikan kepada masyarakat sesuai nama yang ada di amplop tersebut agar memilih Calon Kades Nomer 1.

Berdasarkan informasi tersebut, Tim Saber melakukan penyelidikan dan pengembangan dan sekitar pukul 17.00 JONI (38), petani, bertemu dengan MARKUS (34), pekerjaan petani, di Dusun Tanate, kemudian berbincang-bincang dan menyerahkan Amplop putih sambil mengatakan agar memilih Calon Kades Tawalian Timur Nomer 1.

Setelah itu JONI kemudian bertemu dengan MATIUS (43), pekerjaan petani, dan mengajak ngobrol sambil menyerahkan Sebuah amplop putih dan berkata agar memilih Calon Kades Nomer 1. Jelas Kapolres

Atas kejadian tersebut, kemudian Tim Saber Polres Mamasa melakukan penangkapan dan menginterogasi ketiga orang tersebut dan selanjutnya melakukan penggeledahan terhadap JONI dan mendapatkan didalam jaketnya terdapat amplop putih sebanyak 14 buah dan 2 buah amplop dari MARKUS DAN MATIUS.

Amplop sebanyak 16 buah tersebut kemudian dibuka dan terdapat sejumlah uang senilai Rp. 200.000 dan Rp. 400.000 setiap amplopnya dengan total nilai Rp. 4.500.000 dan di amplop tersebut tertulis nama penduduk yang akan menerima amplop yang berisi uang dari Calon Kades Nomer 1.

Atas dasar tersebut, maka Ketiga pelaku dan penerima serta barang buktinya yaitu uang dan Amplop untuk Money Politics dibawa ke Mapolres Mamasa untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Atas perbuatan itu para terduga bakal dijerat Pasal 149 ayat 1 dan 2 KUHPidana dan Peraturan Bupati Nomer 3 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Pilkades serentak.

Saat ini pelaku dan para saksi masih dilakukan penyidikan lebih lanjut dan sudah dikoordinasikan dengan Ketua Panitia Pilkades serentak Kab. Mamasa untuk tindakan administratifnya.(*tribratanewspoldasulbar.com/polewaliterkini.net)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Paling Populer

Football Live Scores

Standings provided by Polewali Terkinipolewaliterkini.net

loading...