SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018



PERINGATAN...! "Pasang CCTV sebelum terlambat..."

07/04/17

Warga Pulau Battoa Berusaha Memadamkan Api
Pemadaman Api di Pulau Battoa
Api Membakar Kawasan Hutan Lindung Pulau Battoa
POLEWALITERKINI.NET – Kawasan Hutan Lindung di Pulau Battoa, Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Suylawesi Barat, terbakar. Dugaan penyebabnya pembakaran sampah nyang dilakukan warga. Jumat (07/04/2017).

Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Mapilli, Nenny T. Rafak. Mengatakan, Kebakaran hutan lindung ini terjadi. Kamis, 05 April 2017 sekitar pukul 17.00 wita. Petugas mengetahui sekitar jam 10 malam.

Petugas mengetahui saat duduk di pantai polewali dan melihat titik api di Pulau Battoa, petugas Tim Reaksi Cepat pemadam api KPHL Mapilli langsung ke Lokasi dan memang telah terjadi kebakaran namun dipadamkan masyarakat setempat secara bersama.” Kata Kepala UPTD KPHL Mapilli Nenny T. Rafak.

Meski api sudah dipadamkan warga, namun petugas pemadam api UPTD KPHL Mapilli melakukan penyisiran untuk memadamkan bara api yang berpotensi kembali menyala karena tiupan angin dan kondisi lahan yang kritis dan ditumbuhi alang alang. Petugas juga menemukan 6 sampai 7 titik api dengan Luasan lahan yang terbakar kurang lebih 5 Hektar.

Setelah kami sampai ke lokasi kebakaran sekitar jam 1.00 wita kebakaran sudah berhenti karena secara bersama warga dengan menggunakan ranting kayu memadamkan api. Kemudian petugas menyisir dan memadamkan bara api yang bisa kembali memicu terbakarnya lahan di pulau battoa yang di tumbuhi alang-alang.” Ujar Nenny T. Rafak. Jumat (07/04/2017).

Berdasarkan informasi dari Kepala Dusun setempat penyebab kebakaran ini tak ada unsur kesengajaan, dan ketidakpahaman masyarakat yang membakar sampah di wilayah kawasan hutan kritis dan berakibat rembesan api menyebar.

Nenny T. Rafak Tambahkan, bahwa Lokasi Pulau Batoa ini sesuai SK Menteri Kehutanan termasuk kondisi lahan kritis dan sebagian dimanfaatkan warga menanam kelapa, jati putih dan kayu kayuan dan masuk kawasan hutan lindung.

Laporan  :  Sukriwandi

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Paling Populer

Football Live Scores

Standings provided by Polewali Terkinipolewaliterkini.net

loading...