SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018



PERINGATAN...! "Pasang CCTV sebelum terlambat..."

07/05/17

Dugaan Hujan Salju di Jakarta. (Foto Dok. Adhi)
Dugaan Hujan Salju di Jakarta. (Foto Dok. Adhi)
Busa limbah yang diduga hujan salju.
(Foto Kevin Kurnianto kumparan)
POLEWALITERKINI.NET - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah mendapat informasi mengenai video viral pemandangan tumpukan seperti salju di Jalan Sudirman, Jakarta. Sejauh ini, tidak ada data mengenai salju turun di Jakarta.

"Karena kalau salju tidak mungkin terjadi di daerah tropis. Salju terjadi di kawasan subtropis dan kutub," kata Kepala Humas BMKG Harry Tirto yang dikonfirmasi kumparan (kumparan.com), Sabtu (6/5).

Harry sudah mendapat kiriman video itu. Dia sedang menelusuri dan mempelajarinya.

"Kami melakukan pengecekan ke lapangan, terjadi kapan, apakah itu efek pembangunan MRT, kan bisa saja itu debu, busa. Jadi kami melakukan analisis," terangnya.

Dia memastikan salju tidak mungkin turun di Jakarta. Namun dia memastikan sore ini memang hujan lebat terjadi di Jakarta.

"Kami mesti melakukan klarifikasi," terangnya.

Hujan Salju yang Tak Mungkin Terjadi di Jakarta

Netizen dihebohkan dengan sebuah video viral berdurasi 20 detik, yang menyebut terjadinya hujan salju di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Setelah ditelusuri, benda berwarna putih di sepanjang jalan tersebut bukanlah salju, melainkan busa limbah yang berceceran di jalan.

Beberapa waktu lalu, Jakarta Selatan dan kota Bandung memang sempat diguyur hujan es, dan hal tersebut, menurut pihak BMKG, merupakan hal yang wajar. Apalagi di musim penghujan seperti saat ini.

Kepala Sub Bidang Ikllim dan Cuaca BMKG, Agie Wandala Putra, menjelaskan hujan lebat yang disertai gumpalan es, sering terjadi pada musim peralihan.

"Secara umum, bulan Maret dan April adalah periodenya," kata Agie kepada kumparan (kumparan.com), 28 Maret lalu.

"Salju tidak mungkin terjadi di daerah tropis. Salju terjadi di kawasan subtropis dan kutub," ujar Harry kepada kumparan, (6/5).

Saksi: Salju di Jalan Sudirman itu Busa Limbah

Heboh terjadi di ruas Jalan Sudirman, Jakarta. Ada video menyebar yang menyebut kalau salju turun di Jalan Sudirman, Jakarta. Tapi belakangan diketahui kalau itu hanya busa limbah.

"Itu busa limbah," kata Adhi (32), saksi yang melintas di ruas Jalan Sudirman, Jakarta sore tadi pukul 18.00 WIB, Sabtu (6/5).

Adhi menjelaskan, busa limbah itu kemungkinan jatuh dari kendaraan pengangkutnya sehingga tumpah di ruas jalan. Memang pemandangannya seperti salju.

"Ya jadi kayak salju, padahal busa," tuturnya.

Adhi juga sempat mengabadikan busa di ruas Jalan Sudirman dengan kameranya.

Gumpalan Putih di Jalan Sudirman Berasal dari Proyek MRT

Busa limbah yang tadi sempat menggenangi Jalan Jenderal Sudirman di depan Ratu Plaza, Jakarta Selatan, semakin malam semakin hilang dari jalanan.

Ketika ditelusuri kumparan (kumparan.com) di lokasi kejadian, Sabtu (6/5), busa tersebut berasal dari proyek MRT yang sedang dalam tahap pengerjaan.

"Sepertinya itu dari proyek MRT," ujar seorang petugas MRT yang enggan disebutkan namanya di lokasi.

Saat ini memang ada proyek pengerjaan MRT yang sedang berlangsung di sekitar lokasi penampakan busa. Namun petugas tersebut enggan menjelaskan apa penyebab munculnya busa, yang akhirnya meluber ke tengah jalan tersebut.

Meski sempat viral, namun video penampakan busa yang dikira salju tersebut langsung dibantah oleh pihak MRT. Mereka memastikan bahwa video tersebut hoax.

"Itu hoax, fenomena tersebut merupakan tumpahan busa," kata Kepala Humas BMKG Harry Tirto Djatmiko yang dikonfirmasi kumparan.(*KUMPARAN.COM/POLEWALITERKINI.NET).

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Paling Populer

Football Live Scores

Standings provided by Polewali Terkinipolewaliterkini.net

loading...