SIAPA CALON BUPATI POLMAN 2018



PERINGATAN...! "Pasang CCTV sebelum terlambat..."

07/05/17

Program Nasional Posbindu Dikabarkan Sudah Berjalan
Sejak 2015
Tim Medis Posbindu di Masjid Al-Muttaqin Tak Dihadiri
Dokter dan Instruktur Senam
POLEWALITERKINI.NET - Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) merupakan salah satu upaya kesehatan yang bersifat promotif dan preventif dalam rangka deteksi dini dan pemantauan kesehatan masyarakat. 

Penanggung jawab Posbindu Puskesmas Massenga, RINI menjelaskan kegiatan posbindu digelar secara rutin dan terpadu sekali dalam sebulan di 5 rumah ibadah di Kelurahan Polewali, yakni mesjid Jami Tanro, Almuttaqin, Baiturrahim dan gereja musafir Lantora serta Polewali.

"Kenapa kita tempatkan di rumah ibadah karena ditempat lain agak susah merekrut warga yang mau berobat, setiap posbindu kita gelar rata rata masyarakat yang datang berobat 20 hingga 30 orang." Ujarnya.

Menurutnya, rangkaian kegiatan posbindu sebelum pemeriksaan medis oleh dokter dan diawali dengan senam kesehatan jasmani (SKJ) serta penyuluhan.

"Tetapi tadi dokter dan instruktur senam berhalangan hadir, terpaksa penyuluhan dan senam SKJ ditunda, bagi masyarakat yang ingin mendaftar Posbindu harus minimal 18 tahun keatas." Kata Rini. Jumat (05/05/2017).

Selain itu, kata dia, setiap regu tim  posbindu yang diturunkan terdiri dari beberapa tenaga kesehatan (Perawat) yang sudah terlatih dan didampingi seorang dokter.

"Kita punya 5 meja ada bagian bagian pencatatan, pengukur tinggi dan berat badan, pemeriksa kadar lemak, gula darah, asam urat, kolesterol dan tekanan, jadi disini kita punya pola cek kesehatan secara berkala." Tutur Rini yang juga berprofesi sebagai bidan ini.

Ia menambahkan, setelah dilakukan pemeriksaan medis, pihaknya akan melakukan pengobatan dalam taraf masih bisa ditangani namun jika penyakitnya tergolong parah maka akan dirujuk ke rumah sakit.

"Setiap kali pengobatan bagi penyakit asam urat dan gula kita pungut biaya Rp. 7 ribu, kalau penyakitnya parah kita rujuk ke rumah sakit." Jelas Rini.

Sementara itu salah satu masyarakat Kelurahan Wattang. SARMAN yang juga Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Polewali. mengapresiasi kegiatan posbindu digelar di masjid lantaran jarak tempuhnya tidak terlalu sulit dijangkau.

"Saya ucapkan terima kasih, karena cukup praktis kalau di masjid usai shalat berjamaah bisa langsung periksa kesehatan." Katanya.

Laporan  :  Z Ramadhana

Editor      :  Sukriwandi

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Paling Populer

Football Live Scores

Standings provided by Polewali Terkinipolewaliterkini.net

loading...