PIFAF 2017

Minggu, 09 Juli 2017




POLEWALITERKINI.NET - Seperti di Sampaikan staf Bappeda Polewali Mandar, Aco Musaddaq terwacana dam menggelinding di Pusat terkait pemindahan ibu kota RI di luar Jakarta, yakni Kalimantan Tengah Kabupaten Palangkaraya.

Meski demikian Wakil Presiden M.Yusuf Kalla, mengusulkan Sulawesi Barat yang merupakan Wilayah  berada pada posisi pertengahan di Indonesia. Hingga kini wacana ini masih terua berpolemik.

Kata Aco, jika Sulbar direstui sebaiknya pusat ibu Kota RI di Polewali Mandar, alasannya merupakan daerah potensi wilayahnya yang terdiri dari Pantai, daratan dan Pegunungan yang resapan airnya masih bagus.

Ada ide sebaiknya di Mamuju Tengah, Mamuju Tengah masih banyak gunung ketimbang daratan, juga masuk dalam wilayah industri penanaman Sawit yang sudah mendunia.” Katanya.

Sehingga lanjut dia, di 6 kabupaten di Sulawesi Barat cocoknya Polewali Mandar, terlebih akses ke Makassar lebih dekat. Selain itu tahun 2018 sudah akan dimulai pembangunan bandara di Kecamatan Binuang yang posisinya strategis seperti Bali dimana Bandara berada di Pantai.

Polewali Mandar juga tata ruangnya masih bisa kita sinergikan sesuai pondasi dasar pembangunan di Wilayah Sulbar, artinya masih banyak wilayah wilayah yang bisa di tata menjadi sebuah kota baru untuk memenuhi kebutuhan kota moderen seperti di luar negeri.” Katanya.

Wacana Pemindahan ibu kota masih sebatas pemindahan pemerintahan sehingga masih bisa pemerintah kabupaten berimprovisasi dalam menempatkan perkantoran sesuai dengan wilayah Polewali mandar yang berada pada posisi 3 dimensi.

Artinya masih tidak terlalu sulit untuk membuat kebijakan apalagi ini Ibu kota negara, tentu yang utama selain sarana perkantoran, pasar swalayang, Perhotelan dan kebutuhan kota lainnya akan terlihat jelas karena Polewali Mandar orisinil alam dan lingkungan yang masih asri jadi menatanya gampang.” Ungkap Aco Musaddaq.

Laporan  :  Burhanuddin Haruna