PIFAF 2017

Selasa, 08 Agustus 2017

Kapolres Bersama Ibu Jadi Motivator Gerakan
Polman Membaca
Kapolres Polman Menceritakan Dogeng Kepada Peserta
Gerakan Polman Membaca
POLEWALITERKINI.NET - Demi menumbuhkan minat baca bagi masyarakat, penggiat literasi di Polman menggelar lapak baca hingga ratusan buku bacaan ditebar di jalan. Menariknya, para pengunjung yang sedang membaca dihibur oleh live music akustik.

Kegiatan dengan tema "GERAKAN POLMAN MEMBACA" digelar di jalan Budi Utomo, Pekkabata, Jumat (4/8/2017). di depan Ratusan buku di gelar diatas lapak sepanjang  Jalan kurang lebih 100 meter.

Andi Pajriansi, salah seorang pelajar SDN 017 Manding mengaku  sangat senang dengan kegiatan ini. Pelajar kelas V ini mempunyai hobby membaca sejak dari kecil.

"Saya sangat senang dengan kegiatan ini, kak." Ujarnya.

Ketua panitia Muhammad Arif mengatakan, kegiatan ini lahir dari gagasan beberapa  pemuda yang melihat kurangnya minat baca dari masyarakat. Tujuannya untuk membangkitkan dan melahirkan kembali minat baca para generasi.

"Melihat situasi melebarkan virus literasi agak kurang, jadi kami memanggil beberapa elemen atau taman baca untuk bergabung diacara ini, apalagi di perpustakaan minat baca sangat kurang, apalagi salah satu pemateri di acara ini adalah Kapolres Polman." Kata Arif.

Stok buku yang digelar dilapak ini didapatkan dari dari teman penggiat literasi, diantaranya  Nusa Pustaka, Rumpita, Taman Baca kencana wangi, Yayasan Tata Education dan lainnya. Jenis buku bacaan yang digelar umum, pelajar, mahasisiwa, komik.

"Ada juga penggiat literasi pemula yang mengantarkan bukunya sekitar puluhan." Katanya.

Meskipun kegiatan ini hanya berlangsung selama 1 hari, namun, Arif berharap, agar kedepan kegiatan ini tetap berjalan dan tidak hanya sampai disini saja.

"Bisa kami gelar disetiap momentum yang ada, misalkan hari 17 Agustus dab Hardiknas." Terangnya.

Demi menarik minat pengunjung, panitia menyuguhkan live music akustik. Jadi pengunjung bisa membaca sambil dengar music. Antusias pengunjung sangat besar, ini terlihat dengan hadirnya ratusan masyarakat dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa, anak SD, SMP, dan masyarakat umum.

Muhammad Arif  berharap, mereka datang bukan hanya karena ada moment seperti ini, namun betul- betul punya kesadaran ingin membaca.

"Mereka sangat merespon dengan baik, buktinya banyak yang datang. Ketika kesadaran itu lahir, maka minat baca itu sendiri akan tumbuh dengan sendirinya." Tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Polman AKBP Hanny andhika Sarbini salah satu inspirator dan motivator dikegiatan ini seusai membawakan materinya dihadapan peserta juga membawakan dongeng edukatif bertemakan seekor semut yang membalas budi si burung merpati kepada peserta gerakan Polman membaca.

"Kami mendukung gerakan Polman membaca ini sebagai bagian tupoksi Polri selain penegakan hukum juga turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, dalam program polisi bermasyarakat." Tandas Hanny Andhika.

Dalam kegiatan ini Kapolres Polman hadir bersama sejumlah ibu bhayangkari.

Laporan  :  Z Ramadhana