PIFAF 2017

Senin, 28 Agustus 2017

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar Serahkan Piala Kepada
Wakil Bupati Jeneponto
Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar Serahkan Piala Kepada
Wakil Bupati Jeneponto
Bersama Manejer Kuda Siliwangi dan wakil Bupati jeneponto
Ketua Panitia Andi Raden Mulyo, dan Para Juara

Poto Kuda Siluman Milik Gubernur Menjuarai Open Race
POLEWALITERKINI.NET – Tim peserta asal Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, meraih juara umum dan memboyong piala bergilir kejuaraan pacuan kuda Bupati Cup V Polewali Mandar, Sulawesi Barat, tahun 2017.

Keberhasilan didominasi para joki asal Kabupaten Jeneponto, itu tak lepas dari kuda pacuan pilihan mereka yang diikutkan dalam 5 kelas, yakni V C Pemula 600 Meter, Kelas VC 600 Meter, Kelas VB 700 Meter, kelas V700 Meter, VA 700 Meter, kelas IV 900 Meter, kelas III 1100 Meter, kelas II 1400 Meter, kelas 1 1600 Meter.

Dari peserta lokal hanya Kuda milik Bupati Polewali Mandar, King Start yang menjuarai kelas 1 larian 1000 Meter, dan Kuda dengan nama Siliwangi milik Wakil Bupati Jeneponto, Mulyadi Bestamu berada di Posisi ke II.

Dalam pertandingan itu kuda juara I dinominasi Kuda Sukoi milik wakil Bupati Jeneponto dan milik H Faris Yasir juga dari Jeneponto.

Dan kuda milik Kades Tandung, Desta Yaras sempat menduduki peringkat II dari 2 kelas yang diikuti selanjutnya kuda kuda dari Jeneponto bermain dari juara 1, 2 dan 3 dari semua kelas terkecuali kelas open race.

Untuk kelas OPEN RACE kuda milik Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar (ABM) yang diberi nama Siluman menjuarai kelas 2200 meter tersebut .

Pada putaran tapisan kuda milik Andi Saleh Patayangi kelas 1100 meter sedikit mengecewakan mengalami cedera terjatuh tersungkur di tengah lapangan dan alami patah tulang.

Lain lagi dengan kuda yang dinilai dengan harga Rp. 100 Juta, yakni Sadewa, harus berhenti berpacu karena sudah tidak bisa lagi ikut event pacuan kuda karena mengalami cacat fisik, pemilik kuda pasrah.

Dalam acara penutupan, Bupati Polewali Mandar usai menyerahkan piala bergilir Bupati Cup V ke wakil Bupati Jeneponto. Kesempatan itu AIM mengatakan, rasa syukur karena lomba pacuan kuda sukses dilaksanakan di Polman.

Dia mengapresiasi ketua panitia penyelenggara, Andi Raden Mulyo karena mampu mengelola ke panitian sehingga semua berjalan lancar dan berterima kasih kepada pihak TNI - Polri dan Satpol - PP serta Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan atas bantuannya sehingga berjalan aman dan sukses.

Selain itu Bupati Polman, AIM menyampaikan terimakasih atas antusias seluruh masyarakat yang masuk memenuhi Sport Center menyaksikan langsung kejuaraan pacuan kuda Bupati Cup V. Begitu pun kepada para awak media yang menyebarkan informasi tetang kegiatan pacuan kuda itu.

“Berharap Turnamen lain di Polewali Mandar, meniru gaya ketua panitia pacuan kuda yang dekat dengan wartawan sehingga kegiatan itu bisa tersebar kepada seluruh masyarakat.” Kata Andi Ibrahim Masdar.

Dalam kejuaraan pacuan kuda Bupati Cup V Polewali Mandar, Sulawesi Barat, seluruh warga yang masuk menonton digratiskan.



Kapolres Polman Buka Kejuaraan Pacuan Kuda...! Minta Menjaga Keamanan dan Ketertiban...

POLEWALITERKINI.NET - Kejuaraan Pacuan Kuda Bupati Cup V Polewali Mandar, Sulawesi Barat, berlangsung Sabtu 26 - Minggu 27 Agustus 2017 dan dibuka oleh kapolres Polewali Mandar AKBP  Hanny Andhika Sarbini S.I.K .

Hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat dari Polewali Mandar dan Pejabat dari kabupaten jeneponto, termasuk 2 orang anggota DPRD dan ketua Koni kabupaten Jeneponto dan beberapa pejabat dari Kabupaten Mamuju dan Sulbar serta para penggemar olah raga berkuda di Polewali Mandar.

Kapolres dalam sambutannya sebelum membuka acara tahunan di bumi tipalayo mengatakan, kegiatan olah raga pacuan kuda ini selain hobby juga merupakan ajang prestasi bagi atlet berkuda utamanya para joki dan kuda itu sendiri.

Nantinya lanjut Kapolres Polman, kuda dan pemiliknya bila juara menjadi kebanggan tersendiri dan juga ini adalah tradisi Indonesia sebagai negara yang memegang teguh Nilai Nilai Pancasila dan Kebhinekaan.

Untuk itulah kami berharap agar dalam bertanding ini mengedepankan kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta menjaga keamanan bersama sehingga apa kita harapkan keselamatan dan kesuksesan acara bisa kita Capai. Ungkap AKBP Hanny Andhika Sarbini  S.I.K, S.H MH.

Sementara itu Ketua panitia dalam laporannya,  Andi Raden Mulyo mengatakan Kejuaraan tahun 2017 termasuk bergensi karena sejumlah kuda kuda dari luar Seperti dari Pulau jawa, Manado dan Semarang serta dari bandung dan Palu Sulteng hadir memeriahkan Bupati Cup V.

Selain itu lanjutnya kuda kuda lokal Sulawesi selatan dan Sulawesi Barat khususnya dari Jeneponto dan Polewali Mandar Sendiri akan berlaga memperebutkan juara dan saya yakin kuda kuda pilihan ini akan menjadi tontonan menarik bagi penggemar kuda pacuan.

Dikatakan atas nama panitia mengucapkan selamat datang bagi para peserta, semoga kita semua yang merupakan pemilik kuda dan hobbi pacuan akan menambah semangat dan terus bersemangat dalam mengembangkan kuda pacuan.

Terima kasih kepada pihak keamanan, TNI-Polri, Satpol PP, Perhubungan, Dinas kesehatan dan pengelola sport center karena kerjasama kita semua sehingga kita bisa langsungkan bupati Cup yang sekaligus memeriahkan HUT RI ke 72 tahun 2017 dan saya ucapkan selamat bertanding. Kata  Andi Raden Mulyo yang juga anggota DPRD Polewali mandar dari Fraksi Golkar.
 
Laporan  :  Burhanuddin Haruna