PIFAF 2017

Minggu, 13 Agustus 2017

Kades Tonyaman Menyerahkan Hadiah Kepada Pemenang




POLEWALITERKINI.NET - Dalam rangka menyambut perayaan 17 Agustus 2017 Kepala Desa Tonyaman, Nursam, menyelenggarakan event lomba lopi (Perahu) katinting yang dilaksanakan di Dusun Welang Pelang selama 2 hari, yakni Sabtu dan Minggu, 12-13 Agustus.

Tak ayal, event ini menarik dan menyita perhatian masyarakat sekitarnya karena baru pertama kali diadakan di Desa tonyaman, berbagai kalangan pun ikut menikmati perlombaan ini mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Perlombaan inipun membuat penonton yang memadati dermaga bersorak sorak mendukung jagoannya masing-masing lantaran terkadang ada lopi yang mogok di lintasan . Ada puluhan peserta yang mengikuti lomba ini, setiap race ada empat sampai lima lopi yang start dan mengelilingi lintasan sebanyak tiga putaran. 

Race final menyita banyak perhatian karena banyak insiden yang terjadi dimana Lopi berlogo Mustika bertabrakan dengan Lopi Mentarai Pagi ditikungan pertama dan membuat sayap kedua lopi patah dan tidak dapat melanjutkan perlombaan dan langsung mengambil juara tiga bersama,  selanjutnya diurutan pertama dan keduapun saling menyalip . Akhirnya Lopi bermerek Spesial yang dikemudikan Iwan finish diuratan kedua dan Lopi Tiga Dimensi yang dikemudikan Rian berada diurutan pertama.
Masing-masing Pemenang mendapatkan uang pembinaan. Setelah penyerahan hadiah Nursam Kepala Desa Tonyaman memberikan ucapan selamat kepada para peserta.

"Kegiatan ini kedepannya tetap kita laksanakan, tujuan daripada pelaksanaan event ini yaitu bagaimana menghibur masyarakat Tonyaman yang setiap harinya cuman sibuk dengan aktifitasnya yaitu melaut. Yang terpenting begaimana caranya menjalin hubungan silaturahim dan saya berharap kita tetap komitmen untuk menjaga keamanan agar event ini tetap bisa berjalan yang Insha allah rutin setiap tahunnya akan kita laksanakan." Ujarnya.

Selain itu, kata dia, lomba lopi ini juga merupakan wujud kepedulian pemerintah desa dalam melestarikan dan mensosialisasikan pentingnya biota laut supaya masyarakat tidak membuang sampah sembarangan di sekitar wilayah pesisir yang dapat mengakibatkan laut tercemar.

"Ini juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya laut dan habitat yang ada didalamnya bukan cuman sebagai sumber mata pencaharian tapi ini juga sebagai sarana hiburan." Kata Nursam.

Laporan  :  Muhammad Arasy

Editor      :  Z Ramadhana